Lain-lain

Rukyat Warga Tengger di Harlah NU, ada Potong Tumpeng


PROBOLINGGO – MWC NU Sukapura Kabupaten Probolinggo punya cara sendiri dalam memperingati hari lahir (harlah) NU. Salah satunya yakni menggelar rukyat dan pengobatan islami. Warga yang ikut pun antusias.

Masjid Baitul Mahmud yang berada di Desa/Kecamatan Sukapura pagi kemarin (30/1) ramai. Tulisan harlah NU yang digelar MWC NU Sukapura menjadi ucapan selamat datang bagi pengunjung.

Warga dari tujuh ranting dari tanah Tengger itu menjadi perwakilan yang hadir. Diawali dengan pemotongan tumpeng, dan diakhiri dengan pengobatan gratis secara islami dan Al-Qur’an.       

Perwakilan dari Jamiyah Rukyat Aswaja Bayuangga, Husen mengatakan kegiatan ini berkat kerjasama dari ketua mwc NU Kh ali wafa dan ketua mui sukapura kyai zakar. “Kami melakukan kegiatan harlah dengan rangkaian acara. Malam sebelum potong tumpeng, divisi rukyat jamiyah rukyat aswaja pusat serta wilayah Jatim hadir. Pendalaman ilmu terhadap pengobatan bil Qur’an yang dilaksanakan di Sukapura,” terangnya.

Selain mendalami ilmu rukyat, Minggu pagi dilanjutkan kegiatan menancapkan benderah merah putih dan NU di Gunung Bromo. “Ini show off dari serangkaian kegiatan untuk memperingati harlah NU dan JRA,” terangnya.

Kegiatan juga dilanjutkan harlah yang dihadiri tujuh ranting dari Kecamatan Sukapura. Masjid Baitul Mahmud menjadi tempat puncak harlah di Sukapura. “Tidak hanya potong tumpeng, kami juga melakukan pengobatan islami dan rukyat terhadap warga yang hadir,” katanya.

Husen mengatakan, serangkaian acara itu berjalan dengan lancar. “Semua semangat dan khusyuk dalam menjalankan pengobatan istisfak melalui Al-Qur’an. Mudah-mudahan keluhan warga yang hadir di acara rukyat, baik itu penyakit medis atau penyakit non medis insha Allah akan sembuh dengan mukjizat Al Qur’an,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu yang hadir, Gus Hayat mengatakan kegiatan ini sangat berdampak positif untuk masyarakat Sukapura. Apalagi, kegiatan rukyat bisa membantu warga utamanya pengobatan dengan Al Qur’an. “Kami sangat senang apalagi pengobatan seperti ini baru digelar di kawasan tengger. Mudah mudahan kedepan bisa dilakukan secara terjadwal dan bisa membantu Masyarakat yang memang membutuhkan,” katanya. (rul/iwy)


Bagikan Artikel