Lain-lain

30 Pesilat Pagar Nusa Kraksaan Tatap Kejurda


PROBOLINGGO – Pagar Nusa Cabang Kota Kraksaan akan mengikuti kejuaraan daerah (kejurda) tingkat Jawa Timur di Kediri, Februari mendatang. Oleh karenanya, mereka menyeleksi pesilat yang akan didelegasikan. Seleksi digelar di Gym Samba, Desa Bulu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (22/1) dari pukul 08.00 hingga 20.30.

Ketua Pimpinan Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PC PSNU) Pagar Nusa Kota Kraksaan Faiz Mahfudz mengatakan, pihaknya cukup serius menyeleksi pesilat yang didelegasikan. Seleksi diikuti sebanyak 105 pesilat putra dan putri. Mereka berasal dari 10 perguruan dan Pengurus Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa se-Kota Kraksaan.

Dari seleksi ini, pihaknya menetapkan 30 pesilat sebagai delegasi Kejurda. “Seleksi ini untuk mempersiapkan atlet dari pagar nusa yang nantinya akan bertanding di kejuaraan wilayah Jawa Timur. Kejuaraan itu akan di gelar bulan Februari di Kediri,” katanya.

Sebanyak 30 pesilat tersebut akan mengikuti dua kategori sesuai dengan petunjuk teknis dari penyelenggara kejurda. “Ada tingkatannya. Yang mengikuti kejuaraan ini ada remaja dan pra remaja,” kata Gus Faiz, sapaan karib tokoh muda asal Desa Tarokan, Kecamatan Banyuanyar ini.

Pesilat yang lolos itu terdiri dari 8 pesilat kelas Remaja Putra dan 6 pesilat kelas Remaja Putri. Sementara untuk kelas Pra Remaja Putra ada 9 pesilat dan Pra Remaja Putri 7 pesilat.

Gus Faiz menerangkan, seleksi yang dilakukannya merupakan tahap awal. Pesilat yang lolos akan terus diberi pembinaan untuk mematangkan kesiapan mereka dalam kejurda. Selanjutnya, mereka akan mengikuti latihan intens selama beberapa waktu ke depan.

“Nantinya akan dilakukan pembinaan. Insya Allah tiga hari ke depan akan kami mulai latihannya. Ini tidak lain untuk mempersiapkan pertandingan bulan mendatang ini,” terangnya. (ar/eem)


Bagikan Artikel