Lain-lain

Persikapro Gagal Lolos Liga 3


PROBOLINGGO – Pupus harapan Persikapro Probolinggo untuk lolos fase pertama Liga 3 Jawa Timur. Pasalnya di laga terakhir, Persikapro kembali menelan kekalahan dari lawannya. Dengan raihan 3 poin, hasil dari 1 kemenangan dan 3 kekalahan, tak mampu membuat Persikapro lolos ke babak selanjutnya.

Sekjen Askab PSSI Kabupaten Probolinggo Erfan Yulianto mengatakan, dua kekalahan terakhir yakni ketika bertanding melawan Persebo Muda Bondowoso pada Jumat (12/11) lalu dengan skor 0-1, dan kalah kembali melawan PSPK Pasuruan dengan skor 2-3 pada laga pamungkas grup N pada Kamis (18/11) lalu. Hasil itu telah memastikan langkah Persikapro terhenti di Liga 3.

“Ketika menang lawan PSSS Situbondo dan kalah melawan tuan rumah Persewangi Banyuwangi dengan skor 1-2, kami masih yakin bisa lolos. Namun dua kekalahan terakhir, secara otomatis memupus harapan kami untuk lolos ke babak selanjutnya,” Katanya, Minggu (21) 11).

Dijelaskan, kegagalan Persikapro lolos ke babak 32 besar Liga 3 Jatim lebih dikarenakan pada faktor pengalaman. Pasalnya dengan materi pemain dibawah usia 21 tahun dan minim pengalaman di liga kompetitif seperti Liga 3, skuat arahan pelatih Atipno itu kerap kewalahan menghadapi lawan yang lebih berpengalaman.

“Para pemain masih sering melakukan kesalahan kecil. Namun hal itu berakibat fatal dan lawan bisa memanfaatkannya menjadi gol. Lebih pada faktor pengalaman saja, dan pengalaman ini sangat berharga bagi para pemain masa depan kami itu,” terang Erfan.

Dipaparkannya pula bahwa tiga kekalahan beruntun yang  dialami oleh Persikapro di Liga 3 seluruhnya hanya berselisih 1 gol. Pada saat melawan Persewangi timnya kalah dengan skor 1-2. Ketika melawan Persebo Muda, timnya kalah 0-1, dan saat melawan PSPK yang notabene juara grup timnya kalah 2-3.

“Sebenarnya pemain kita secara teknik dan permainan mampu mengimbangi para pemain yang jauh lebih dewasa diatas mereka. Namun faktor ketenangan dan pengalaman juga berbicara, dan pemain kita memang belum pada kondisi itu,” paparnya.

Dengan hasil ini, ditambahkan Erfan, kini para pemain Persikapro telah kembali seluruhnya ke rumah masing-masing. Selanjutnya mereka akan kembali digembleng latihan untuk persiapan menuju Porprov tahun depan. “Kami optimis dengan target kami meraih medali diajang Porprov mendatang dari cabor sepak bola,” ujarnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel