Lain-lain

22 Warga Suku Tengger Daftar Polisi


PROBOLINGGO – Polres Probolinggo menggelar sosialisasi penerimaan anggota Polri melalui jalur afirmatif khusus suku Tengger. Bertempat di balai Desa Ngadas Kecamatan Sukapura, Rabu (17/11) kemarin, sebanyak 22 pemuda-pemudi Tengger mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi tersebut.

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Kepala Bagian SDM Kompol Ahmad Firman. Ia mengatakan, kegiatan itu digelar atas dasar Keputusan Kapolri tertanggal 08 November 2021 tentang Penyelenggaraan Rekrutmen Proaktif dalam Penerimaan Bintara Polri tahun anggaran  2022.

“Kami ingin menjaring animo sejak dini putra dan putri terbaik di wilayah Kabupaten Probolinggo, khususnya pemuda-pemudi suku Tengger melalui jalur “Affirmative Action” sesuai keputusan kapolri,” ujarnya, Rabu (17/11).

Ia menyebutkan, usai mendapatkan informasi dan materi awal terkait tahapan rekruitmen, para peserta selanjutnya melakukan pengukuran tinggi badan dan berat badan. Selain itu anggota dari SDM Polres Probolinggo juga memeriksa kelengkapan berkas-berkas para pendaftar.

“Jadi, selain kami lakukan pengecekkan fisik. Kami juga lakukan pengecekkan kelengkapan berkas mereka. Hal ini untuk menunjang proses lanjutan lainnya,” sebutnya.

Paur Humas Polres Probolinggo Mukhtar Yulianto menyebutkan, ke-22 peserta yang mendaftar melalui jalur afinatif khusus suku Tengger itu terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Mereka merupakan warga asli keturunan Suku Tengger.

“Selain jalur umum dan afirmatif khusus, Polres menyediakan empat jalur khusus bagi para calon pendaftar, yakni dengan melalui talent scouting non akademik untuk atlet berprestasi, talent scouting akademik untuk siswa berprestasi, dan talent scouting non-akademik melalui Kemenag, yakni khusus untuk hafidz Alquran,” jelasnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel