Lain-lain

Upayakan Porkab, Minta Bantuan Dispora Jatim


PROBOLINGGO – Agenda Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo 2021 telah 2 kali tertunda. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo berupaya meminta bantuan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur. Yakni untuk mendorong dikeluarkannya surat rekomendasi pelaksanaan Porkab dari Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Timur.

Beberapa waktu yang lalu, perwakilan dari Dispora Provinsi Jawa Timur telah datang ke kantor KONI Kabupaten Probolinggo. Perwakilan Dispora memastikan apa kendala yang dihadapi sehingga Porkab dua kali ditunda.

“Perwakilan Dispora Jawa Timur mengatakan bahwa pada dasarnya mereka sangat mendukung terselenggaranya Porkab di Kabupaten Probolinggo,” ujar Ketua KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko, Selasa (9/11).

Namun, dengan cepat, kata Sugeng, perwakilan Dispora Jawa Timur segera memahami situasi dan kondisi yang dihadapi oleh KONI Kabupaten Probolinggo selaku penyelenggara Porkab. “Mereka langsung memaklumi alasan larangan penyelenggaraan event itu. Karena memang sedang PPKM level 3,” katanya.

Ia mengungkapkan, perwakilan Dispora Jawa Timur tetap memberikan semangat dan dukungan untuk tetap menyelenggarakan Porkab tahun ini. Pasalnya, Porkab Probolinggo dijadikan tolok ukur untuk penyelenggaraan kegiatan serupa di daerah lainnya di Jawa Timur.

“Kalau di sini sukses menggelar Porkab yang sesuai protokol kesehatan, maka daerah lain akan mengikuti,” ungkap Sugeng.

Di sisi lain, Lambro, perwakilan Dispora Provinsi Jawa Timur mengaku memang datang ke Kabupaten Probolinggo beberapa hari lalu. Tujuannya adalah untuk mendengarkan langsung keterangan dari pengurus KONI Kabupaten Probolinggo dan Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo terkait penundaan Porkab.

“Alasan PPKM level 3 yang dipakai untuk menunda acara itu sudah tepat. Karena memang aturannya demikian. Namun kami akan berupaya melakukan lobi ke Satgas Covid-19 Jawa Timur untuk bisa mengeluarkan surat rekomendasinya sebelum akhir tahun ini,” katanya.

Lebih lanjut Lambro menyampaikan, Porkab adalah sarana penjaringan bagi para atlet di tingkat Kabupaten. Sehingga sangat penting untuk menyelenggarakan acara tersebut pada tahun ini. Mengingat tahun depan gelaran yang lebih besar, yakni Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) Jawa Timur akan digelar pada pertengahan tahun.

“Semoga komunikasi kami nantinya bisa berjalan mulus,” harap Lambro. (tm/eem)


Bagikan Artikel