Lain-lain

Polres Probolinggo Terbitkan 1.094 SKCK


PROBOLINGGO – Sejak beberapa waktu terakhir, banyak warga yang mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) ke Mapolres Probolinggo. Per Sabtu (6/11) pekan lalu, SKCK yang diterbitkan oleh Polres Probolinggo sebanyak 1.094 lembar.

Paur Humas Polres Probolinggo Bripka Mukhtar mengatakan, sebagian besar pengurus SKCK itu adalah warga yang berniat mencalonkan diri sebagai kandidat dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 17 Februari 2022.

“Bacakades di Kabupaten Probolinggo sudah banyak yang mwmbuat SKCK. Kurang lebih sudah ada seribuan lebih. Tidak semua untuk kepentingan Pilkades. Ada juga juga untuk yang melamar pekerjaan. Jadi, campur,” ungkap Paur Humas Polres Probolinggo Bripka Mukhtar, Senin (8/11) kemarin.

Menurutnya, syarat pembuatan SKCK bagi bacakades sama seperti syarat yang berlaku untuk masyarakat umum. Namun, ada beberapa yang perlu dilakukan pengecekan. Seperti rekam jejak yang ditelusuri pihak Reskrim dan Intel.

“Hal itu dilakukan agar rekam jejak si pemohon benar-benar ketahuan apakah pernah terlibat kasus hukum atau tidak,” terangnya.

Selain itu, para bacakades juga diberikan arahan dan imbauan ketika mereka menunggu selesainya pembuatan SKCK. Yakni untuk menjaga kondusivitas pelaksanaan Pilkades, harus mematuhi protokol kesehatan, serta harus siap menerima apapun hasil pilkades.

“Sambil menunggu SKCK keluar, kami berikan imbauan kepada setiap Bacakades agar menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) selama pilkades,” ujarnya. (tm/eem)


Bagikan Artikel