Lain-lain

Rp 3,8 Miliar untuk 2 Unit Damkar


PROBOLINGGO – Dinas Satpol PP Kota Probolinggo menambah dua unit kendaraan pemadam kebakaran (damkar) dengan pagu Rp 3,8 miliar. Alasannya, pengadaan ini sudah didasarkan kebutuhan. Termasuk pertimbangan ada 1 dari 3 unit damkar yang ada kondisinya rusak.

Pengadaan dua unit damkar itu terungkap dari  website lpse.probolinggokota.go.id dalam hasil pengadaan barang dan jasa APBD tahun 2021, Kamis (4/11). Dalam website itu, ada 8 peserta yang mengikuti lelang. Namun, lelang dimenangkan oleh  oleh PT Karya Jaya Mandiri Megah Prakoso asal Kabupaten Bogor senilai Rp 3.638.000.000.

Kepala Dinas Satpol PP Aman Suryaman saat ditemui di ruang kerjanya kemarin mengatakan, ada 3 unit kendaraan damkar yang dimiliki dinasnya. Tiga unit damkar itu memiliki kapasitas pengangkut air sebesar 2.000 liter, 4.000 liter dan 1.000 liter.

Soal pengadaan kendaraan damkar yang dilelang, ada tambahan 2 unit. Dua unit itu berkapasitas 3.000 liter senilai Rp 1,7 miliar dan 5.000 liter senilai Rp 2,1 miliar.

Menurut Aman, pertimbangan tambahan dua damkar itu adalah efisiensi anggaran dan mempermudah akses jalan di Kota Probolinggo yang sedang. Sehingga, mobil damkar ini dapat saling support ketika ada kebakaran yang besar. “Ini menyesuaikan kebutuhan sehingga diperlukan sedang dan kecil. Supaya bisa saling support. Untuk spesifikasi mobilnya sesuai dengan standard pelayanan damkar,” jelasnya. 

Mantan Kepala Diskominfo ini menyebutkan, 3 mobil damkar yang dimiliki Satpol PP itu satu di antaranya rusak. Mobil itu berkapasitas 10.000 liter, rusak di bagian mesin. Sedangkan bagian alat semprot normal. Rekondisi satu mobil itu diperkirakan diperbaiki tahun 2022. (rul/iwy)


Bagikan Artikel