Lain-lain

Panitia Pilkades Belum Terima Operasional


PROBOLINGGO – Pasca dilantik menjadi panitia Pilkades oleh BPD, para panitia Pilkades tingkat desa kelimpungan. Pasalnya, mereka belum juga menerima dana bantuan operasional untuk persiapan penyelenggaraan tahapan Pilkades. Padahal sedianya tahapan pembukaan Pilkades akan dimulai Kamis (28/10).

Ini salah satunya diungkapkan Ketua Panitia Pilkades Desa Kalirejo kecamatan Dringu Taufik Hendra. Menurutnya, pasca ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pilkades, dirinya langsung mengadakan beberapa kali rapat koordinasi bersama dengan anggotanya. Di dalam rapat itu diputuskan untuk segera melakukan segala persiapan untuk menyukseskan Pilkades, termasuk pembuatan banner.

“Ada beberapa kali rapat persiapan sosialisasi Pilkades yang telah kami adakan. Disitu kami putuskan untuk segera mencetak banner sosialisasi tahapan Pilkades yang kami biayai secara pribadi,” katanya, Selasa (26/10).

Menurutnya, sejumlah biaya yang dikeluarkannya selama jalannya rapat koordinasi, termasuk biaya pembuatan banner sosialisasi itu merupakan salah satu ikhtiarnya selaku Panitia untuk menyukseskan Pilkades serentak 17 Februari 2022. “Kalau nilainya masih kecil, kami masih sanggup. Tapi kalau sampai jalannya tahapan Pilkades, dana itu tak kunjung turun. Terus terang kami keberatan,” jelasnya.

Disebutkannya bahwa sudah ada upaya dari pihaknya untuk menanyakan terkait berapa dan kapan pencairan dana operasional Pilkades pada pihak pemerintah desa. Namun jawabannya masih mengambang dan belum ada kepastian.

“Kata pak PJ Kades, dana operasional Pilkades pasti akan diberikan. Namun waktunya kapan, belum dipastikan. Hanya bilang dalam waktu dekat ini dan akan dikoordinasikan dulu dengan pihak kecamatan,” tuturnya.

Sementara itu, PJ Kades Kalirejo Agus Orbawan mengatakan bahwa pihaknya sama sekali tidak menghambat penyaluran dana operasional Pilkades. Namun karena memang baru dibentuk, Panitia Pilkades mulai dari tingkat desa hingga kabupaten butuh penyesuaian jadwal untuk penyaluran dana operasional tersebut. “Pasti disalurkan kepada panitia, namun kapan pastinya saya tidak tahu. Yang jelas dalam waktu dekat ini,” pungkasnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel