Lain-lain

Waspada Cuaca Ekstrem Hari Ini

KRAKSAAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya kembali mengingatkan potensi cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi pada hari ini. Dalam peringatan dini yang dirilis BMKG, masyarakat diminta untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat.

Beberapa hari lalu, BMKG meminta masyarakat agar waspada pada prakiraan terjadinya bencana meteorologi yang berlaku 20-22 Januari 2019. “Hujan disertai petir dan angin kencang pada siang, sore hingga malam hari,” kata  Taufiq Hermawan Prakirawan BMKG Juanda, kemarin (21/1).

Menurutnya, BMKG selalu mengingatkan agar masyarakat tetap waspada. “Karena dalam beberapa hari ini curah hujan masih dengan intensitas tinggi serta ditambahnya rob atau air pasang laut yang tinggi,” katanya.

Wilayah Jawa Timur termasuk yang menghadap Selat Madura seperti Probolinggo berpotensi terdampak cuaca ekstrem tersebut. “Arah angin umumnya berembus dari Barat Daya-Barat Laut, kecepatan angin maksimum 59 km/jam. Tinggi gelombang di Selat Madura antara 0,5-2,0 m,” beber Taufiq.

Ia meminta warga menghindari pohon tumbang dan waspada terhadap instalasi listrik agar tidak kesetrum. “Persiapkan segala sesuatu untuk menghadapi pemadaman listrik. Terutama persedian air untuk minum dan MCK,” imbaunya. (ra/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan