Lain-lain

Ada Pemutihan, Samsat Ramai Wajib Pajak


KRAKSAAN – Dimulainya program Pemutihan dan Insentif Pajak Daerah Tahun 2021 yang diadakan Pemprov Jatim sejak 9 September hingga 9 Desember 2021 mendatang, Samsat Kraksaan tak pernah sepi. Para wajib pajak ramai mendatangi Samsat Kabupaten Probolinggo.

Program Pemutihan dan Insentif Pajak Daerah Tahun 2021 itu diberlakukan tak hanya di kantor Samsat Kraksaan yang terletak di Desa Sumberlele, tetapi juga di kantor Samsat Kota Probolinggo di kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan.

Dalam program pemutihan itu diberlakukan bebas denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan Bebas Bea Balik Nama (BBN) II. Sedangkan untuk program insentif pajak, bagi roda dua mendapatkan diskon 20 persen dan roda empat mendapatkan diskon sebesar 10 persen.

Administrator Pelayanan Bea Balik Nama dan Pajak Kendaraan Bermotor Kantor Bersama Samsat Kraksaan, Indro Wicaksono mengatakan sejak program tersebut dibuka antrean tidak pernah sepi tiap harinya.

Ia pun mengaku jika terjadi peningkatan jumlah wajib pajak yang cukup signifikan saat mengikuti pemutihan dan Insentif Pajak. “Mulai tanggal 9 September 2021 hingga hari ini, jumlah wajib pajak mengalami peningkatan hingga 40 persen daripada hari-hari biasa. Kalau hari-hari biasa, sekitar 800 wajib pajak, dan untuk sekarang jumlahnya mencapai 1.000 lebih wajib pajak,” ujarnya, Rabu (6/10).

Meski kepadatan antrean terjadi, penerapan protokol kesehatan (prokes) di Kantor Samsat Kraksaan tetap di jalankan secara ketat. Seperti pengaturan kursi antrean, thermo gun, serta imbauan yang disiarkan melalui pengeras suara.

Selain itu, bagi masyarakat yang ingin masuk juga dibatasi hanya yang berkepentingan. Sehingga saudara atau teman yang mendampingi tidak diperkenankan untuk masuk kedalam ruang loket.

“Untuk mengurangi antrean yang terjadi kami juga membuka layanan drive thru. Sehingga para wajib pajak bisa lebih cepat membayar kewajibannya tanpa harus turun dari kendaraannya,” tandasnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel