Lain-lain

Musim Hujan, Nekat Tanam Bawang

PROBOLINGGO – Petani bawang merah di Kabupaten Probolinggo nekat menyemai benih. Para berspekulasi menanam jenis biru lancor meski telah memasuki musim hujan. Potensi gagal panen pun membayangi para petani. Pasalnya, ancaman banjir dan serangan hama kian meningkat.

Subhan petani asal Kecamatan Gending mengungkapkan dirinya nekat menanam bawang merah pada musim hujan lantaran tergiur keuntungan. Sudah hal lumrah, di musim hujan stok bawang merah langka dipasaran sehingga harganya melambung.

“Kalau tidak nekat dan punya modal cukup, kami tidak akan berani nanam bawang merah. Tinggal bagaimana ke depannya memastikan agar lahan bawang tidak tergenang banjir dan menyiapkan obat bawang untuk mengatasi serangan hama ulat,” ungkapnya, Minggu (20/1).

Dia sadar akan mengeluarkan biaya perawatan lebih besar dibanding musim tanam sebelumnya. Karena untuk mempertahankan tanaman bawang merah yang rentan serangan hama, para petani harus belanja pestisida dua kali lipat dibanding biasanya.

“Petani bawang yang masuk kategori nekat harus menggunakan pupuk dan pestisida dalam jumlah besar untuk menjaga produktivitas bawang. Terlebih serangan hama ulat dan jamur pada daun bawang pada saat musim hujan akan mengganas,” kata Subhan.

Jika seluruh tantangan dan kendala bisa diatasi, keuntungan besar akan diraih. “Besar harapan kami harganya pada saat panen nanti bisa di atas harga pasar saat ini, setidaknya di atas Rp 18 ribu per kilogramnya,” sebutnya.

Terpisah, Burhan pedagang bawang merah di Pasar Bawang Dringu menilai sebalikanya. Menurutnya tak ada jaminan harga bawang akan tinggi jika panen saat musim penghujan. Alasannya, stok bawang merah di gudang masih cukup banyak. Bahkan mampu bertahan lama memenuhi suplai sampai Maret mendatang.

“Peluang harga bawang naik antara bulan Maret sampai April. Kalau saat ini harga bawang kualitas super hanya Rp 16 ribu per kilonya, kalau dua bulan lagi perkiraan saya bisa diatas Rp 20 ribu perkilonya,” tandas Burhan. (tm/ra)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan