Lain-lain

Petugas BBPJN Wilayah Probolinggo-Situbondo memangkas pohon-pohon yang berpotensi menimbulkan bahaya kepada pengendara jalur pantura Kraksaan, kemarin (20/1). (Abdul Jalil/Koran Pantura)

Pangkas Pohon Lebat di Jalur Pantura

KRAKSAAN – Petugas Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Probolinggo-Situbondo melakukan pemangkasan dahan pohon di sekitar jalan pantura Kota Kraksaan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hujan lebat dan angin kencang yang berpotensi menumbangkan pohon ke bahu jalan.

“Kami tidak mau mengambil resiko. Pohon-pohon yang tumbuh di bahu jalan itu memang untuk menaungi pengguna jalan dari panas matahari. Tapi kalau kiranya membahayakan saat hujan, lebih baik kami pangkas saja,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN Wilayah Probolinggo-Situbondo Andhika Tommy Ardiansyah, saat dikonfirmasi via telepon, Minggu (20/1).

Ia mengatakan, pihaknya telah menerjunkan beberapa tim untuk melakukam pemangkasan di sepanjang jalur pantura Probolinggo-Situbondo. Pemangkasan tersebut diutamakan dilakukan di daerah-daerah padat kendaraan. Salah satunya Kota Kraksaan. “Baru kemudian dilanjutkan pada tempat-tempat lain,” ujarnya.

Andhika menuturkan, pemangkasan itu sudah menjadi rutinitas setiap bulan. Apalagi dalam beberapa hari terakhir, cuaca makin tidak bersahabat. Pihaknya berusaha mempercepat pemangkasan tersebut. “Cuaca mingu-minggu ini kurang baik, jadi kami percepat pemangkasannya,” katanya.

Disinggung soal puluhan pohon yang tumbang akibat cuaca buruk pada Jumat malam lalu di wilayah Kota Kraksaan, Andhika menyatakan situasi tersebut benar-benar di luar prediksinya. “Padahal setiap bulan, tim kami sudah memantau dan melakukan pemangkasan di sepanjang jalur pantura,” sergahnya.

Ia menyatakan tumbangnya puluhan pohon itu murni faktor alam. “Kami pun tidak bisa menduga atau bahkan menghindarinya. Tapi jauh-jauh hari sudah kami antisipasi itu dengan pemangkasan rutin. Untuk itu, kami sudah kerahkan seluruh tim untuk lebih ekstra memangkas pohon itu. Sehingga tidak terjadi yang kedua kalinya,” harapnya. (yek/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan