Lain-lain

Gudang Mulai Serap Tembakau Lokal


PAITON – Sejumlah gudang rokok yang berada di Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo sudah mulai beroperasi atau menyerap tembakau dari petani lokal. Hal ini disambut baik oleh petani setempat. Pasalnya, hasil panen mereka sudah mulai banyak diburu oleh para tengkulak tembakau.

Yusuf, salah seorang petani di Desa Jabung Wetan, mengatakan bahwa gudang sudah mulai buka sejak akhir Agustus lalu. Dengan dibukanya gudang, harga jual tembakau juga mengalami peningkatan.

Menurutnya, saat ini harga sudah bisa menyentuh Rp 35 ribu per kilogramnya. “Alhamdulillah harga ikut naik sejak gudang buka, sekarang berkisar antara Rp 30 – 35 ribu,” katanya, Kamis (2/9).

Yusuf berharap, pembukaan gudang yang ada di daerah Kecamatan Paiton ini bisa ditiru oleh gudang-gudang yang ada di kecamatan lainnya. Sehingga, daya serap gudang untuk pembelian tembakau bisa semain aman atau semakin banyak.

“Kalau semakin banyak gudang yang buka, tentunya tengkulaknya juga semakin banyak. Jadi semakin banyak yang buru tembakau, harga juga bisa ikut naik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Kholifiyah selaku Kepala Seksi Pergudangan PT Gudang Garam cabang Paiton mengatakan, untuk tahun ini daya tampung gudangnya dalam melakukan pembelian masih tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya. “Kebutuhan kami itu masih sama, sekitar 2.500 ton. Ini sudah mulai melakukan pembelian,” terangnya kemarin.

Sedangkan Kabid Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Endang Rustiningsih mengatakan, dirinya memang sudah mengetahui adanya gudang yang mulai melakukan pembelian. Namun, sejumlah gudang masih ada yang berjanji akan memulai pembeliannya pada pekan pertama bulan ini.

“Sudah ada yang buka dan ada juga yang janjinya buka awal September ini. Kalau nanti yang janji ini masih belum buka hingga pekan pertama bulan ini atau setidaknya sampai tanggal 7, tentu akan kami tindaklanjuti kejelasannya,” paparnya. (ay/iwy)


Bagikan Artikel