Lain-lain

Siap-Siap Tarif Tol Paspro Naik


PROBOLINGGO – Tarif baru Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) akan diberlakukan mulai 19 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB. Penyesuaian tarif tol tersebut merupakan tindak lanjut dari Kepmen PUPR nomor 903/KPTS/M/2021 tertanggal 26 Juli 2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Paspro Seksi I-III (IC Grati – IC Probolinggo Timur).

Manajer Operasional PT Trans Jawa Tol Paspro Sukiran mengatakan, kenaikan tarif Tol Paspro berkisar antara Rp 1.500 hingga Rp 7.000. Kenaikan tersebut pun tidak hanya terjadi di Tol Paspro, melainkan juga di 3 ruas tol lain seperti Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Solo-Ngawi.

“Ada penyesuaian tarif tol terbaru sebesar 13 – 15 persen dibanding tarif sebelumnya. Kenaikan terendah ada di Rp 1.500 dan tertinggi senilai Rp 7.000,” kata Sukiran, Minggu (15/8) kemarin.

Menurutnya, penyesuaian tarif tol dilakukan untuk memastikan iklim investasi jalan tol yang kondusif. Selain itu  juga untuk menjaga kepercayaan investor dan pelaku pasar terhadap industri jalan tol yang prospektif di Indonesia, serta menjamin level of service pengelola jalan tol tetap sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol.

“Pemenuhan SPM pada ruas tol Pasuruan – Probolinggo terus dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan serta pengelolaan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan para pengguna ruas tol,” Jelasnya.

Disebutkannya pula penyesuaian tarif tol tersebut. Dilakukan untuk memastikan bahwa keamanan dan kualitas jalan tol tetap terjaga. Seperti dengan selalu melakukan pengelolaan dan pengecekan kondisi jalan tol secara berkala untuk memastikan tidak ada endapan dalam drainase, mengganti dan memasang pagar rumija dan reflektor yang hilang atau rusak. Selain itu juga   memperbaiki jalanan yang retak atau berlubang.

“Karena itulah penyesuaian tarif tol sudah seharusnya dilakukan, guna menjamin standar pelayanan minimal dan menjamin operasional tol terus berlangsung,” terangnya. 

Lebih lanjut, Sukiran menambahkan bahwa sebelum pemberlakuan tarif tol tersebut diberlakukan, pihaknya terus berupaya menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat dan para pengguna jalan. “Kami sudah lakukan sosialisasinya sejak akhir bulan Juli lalu. Mudah-mudahan penyesuaian tarif tol ini membawa manfaat bersama baginseluruh pihak,” pungkasnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel