Lain-lain

Vaksinasi Guru, Pegawai, dan Seluruh Peserta Didik


PROBOLINGGO – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Probolinggo dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Probolinggo melakukan vaksinasi bagi seluruh peserta didiknya. Dua lembaga pendidikan itu bekerjasama dengan Puskesmas Pajarakan.

Kegiatan vaksinasi yang dipusatkan di Gelanggang Olahraga (GOR) milik madrasah di Jl. Raya Karanggeger nomor 48, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 demi. Sehingga ke depan, terbentuk herd immunity (kekebalan komunal).

Kepala MAN 2 Probolinggo Ahmad Zamroni mengatakan, pihaknya mewajibkan seluruh guru, pegawai dan peserta didiknya untuk melakukan vaksinasi Covid-19. “Kegiatan ini diawali dengan melakukan pendataan seluruh guru, pegawai dan siswa-siswi yang menjadi target program vaksinasi Covid-19,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan vaksinasi ini merupakan sebuah upaya untuk mendukung usaha Pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19. “Kami terus menggalakkan penerapan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas) di lingkungan madrasah,” beber Zamroni.

Ia menegaskan, vaksinasi dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Percepatan Vakinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dengan nomor HK.02.02/I/1727/2021. Yakni tentang Vaksinasi Tahap 3 Bagi Masyarakat Rentan, Masyarakat Umum Lainnya, dan Anak Usia 12-17 Tahun.

“Kami civitas MAN 2 Probolinggo mendukung segala usaha lahir dan batin yang dilakukan Pemerintah, termasuk Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Gerakan Kabupaten Probolinggo Bersholawat selalu kami ikuti. Termasuk program vaksinasi ini harus didukung demi terwujudnya Kabupaten Probolinggo yang sejahtera dan terbebas dari pandemi Covid-19,” tegasnya.

Kepala Puskesmas Pajarakan dr. Maulida Rachmani mengungkapkan, kegiatan vaksinasi ini merupakan tahap 1 untuk sekolah atau madrasah yang mengajukan. Dalam hal ini MAN 2 Probolinggo dan MTsN 2 Probolinggo. “Untuk tahap 1 ini tersedia 250 vaksin. Insya Allah akan dilanjutkan tahap berikutnya,” ungkapnya. (yek/adv)


Bagikan Artikel