Sudut Medhureh

Listrik Segghut Padam

KRAKSAAN – Listrik padam kerap terjadi di sejumlah wilayah di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Terutama pada malam hari. Kejadian tersebut tidak hanya ketika hujan turun deras. Namun juga terjadi ketika siang maupun malam sedang cerah. Hal itu membuat aktivitas warga setempat terganggu.

Seperti diungkapkan Josep (25), warga Desa Ranuagung. Ia mengatakan, peristiwa listrik padam sudah lumrah terjadi di desanya belakangan ini. Khususnya selama musim hujan.

Benne ghun segghut padam, masse ben areh riah. Apapole teppa’ ka ojhen dherres, ye dheng-paddheng padam semalem bhenteng (Nyaris tiap hari listrik selalu padam. Apalagi saat hujan deras, sudah pasti mati listrik di sini sepanjang malam, red),” katanya, Minggu (3/3).

Menurutnya, listrik padam tidak terjadi hanya ketika hujan sedang turun. Meski tidak ada hujan, kerap terjadi listrik padam.

Mon stiah ojhen rang-rang. Tak sabbhen areh padam. Paleng enje’ smengguh padam tellokaleh (Kalau sekarang, sudah jarang hujan. Tidak setiap hari listrik padam. Paling tidak dalam seminggu padam 3 kali, red),” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Abdul Karim (24), warga Desa Pesawahan Kecamatan Tiris. Ia juga kerap merasakan listrik padam di desanya, baik pada malam maupun siang hari.

Mon teppa’ osom ojhen, padam abit sarah. Kadheng sampek sa’areh semalem (Kalau di musim hujan, padamnya sangat lama. Kadang sampai sehari-semalam, red),” tuturnya.

Sementara itu, Manager ULT PLN Kraksaan Muhammad Syafi’i mengatakan, padamnya listrik terjadi bukan karena disengaja. Pihaknya juga tidak memadamkan arus listrik ke Kecamatan Tiris. Ia mengungkapkan, listrik padam terjadi akibat tegangan arus listris yang mengalir di kabel, terganggu oleh pepohonan di sekitarnya.

“Kabel listrik di daerah pegunungan banyak berdekatan dengan ranting pohon. Sehingga saat hujan deras dan angin kencang, itu mengganggu pada aliran listrik kabel. Jadi, kami tidak dengan sengaja memadamkan. Itu terjadi karena faktor alam,” tegasnya. (yek/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan