Sudut Medhureh

Ngakoh Debt Collector, Arampas Motor

KREJENGAN – Gara-gara merampas motor milik orang, Nor Hasan (37) ditangkap oleh anggota Polres Probolinggo pada 28 Januari lalu. Warga Desa Pajarakan Kulon, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo ini telah ditetapkan sebagai tersangka. Ia pun mendekam di sel tahanan Mapolres.

Saat dirilis oleh Polres pada Kamis (7/2) lalu, Nor menceritakan peristiwa yang membuatnya dipenjara. “Engkok mole naek sepeda bi’ tang kancah (saya pulang naik motor bersama seorang teman, red),” ungkapnya.

Ia melewati jalan Desa Patemon, Kecamatan Krejengan. Di suatu momen, Nor harus menyalip sebuah motor yang ada di depannya. Namun ternyata motor tersebut ditabrak oleh motor yang dikendarai oleh Nor.

Tak sengaja nabrak sepeda se bedeh neng e ade’en engkok. Tang sepeda bi’ sepedanah oreng ruah padeh robbhu (Tidak sengaja menabrak sepeda motor yang ada di depan saya. Sepeda saya dan sepeda orang itu sama jatuh, red),” ungkapnya.

Setelah 2 motor itu sama-sama kendaraan jatuh, Nor mendekati orang yang motornya kena tabrak itu. Kepada si korban, Nor kemudian mengaku sebagai seorang debt collector. Nor bahkan beberapa kali membentak korban. Korbannya yang hanya seorang diri, diam tak menjawab. Tanpa pikir panjang, Nor langsung langsung merampas kunci dan membawa sepeda korban itu pergi.

Engkok ngoca’, riah sepeda kredit macet yeh? Pah langsung ekalak kunci sepedanah pah esambih bi’ engkok. Tang sepeda etompa’ kancah (Saya bilang, ini sepeda kredit macet ya? Setelah itu langsung saya ambil kunci sepeda motor itu dan saya bawa pergi. Sepeda saya dikendarai teman, red),” aku Nor.

Sementara itu, Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan, aksi kriminal itu dilakukan Nor Hasan dan seorang temannya yang bernama Hartono. Aksi tersebut dilakukan pada 3 September 2018. Hartono telah ditangkap lebih dulu oleh polisi. Sementara Nor ditangkap pada 28 Januari 2019.

Oleh penyidik, Nor dan temannya dinyatakan melakukan aksi kriminal pencurian dengan pemberatan (curat). “Tersangka Nor ini sudah lama buron. Setelah kejadian, dia kabur dan langsung menjadi buron,” ujar Kapolres. (yek/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan