Sudut Medhureh

Ngicok TV, Eokom Polisi


PAJARAKAN – Aksi nekat Mawi (45) mencuri perabot rumah tangga membuatnya dicokok anggota Polres Probolinggo. Warga Desa Ranugedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo ini pun harus mendekam di sel tahanan mapolres setempat. Tepatnya sejak akhir Januari lalu.

Dari informasi yang dihimpun Koran Pantura, korban pencuriannya adalah seorang warga Desa Jangkang, Kecamatan Tiris. Mawi melakukan pencurian pada 29 Agustus 2018 dengan mengajak seorang temannya yang kini diburu polisi. Teman yang diajak oleh Mawi berasal dari Desa Jangkang.

Kepada Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto dan para wartawan, Mawi menceritakan aksi pencuriannya. Menurutnya, saat ia masuk ke dalam rumah korban, kondisinya tidak ada orang. Hal itu membuat Mawi dan rekannya berusaha membawa barang-barang milik korban sebanyak mungkin.

Ye sebedenah neng delem bungkoh jiah. Tipi, sound, DVD, kaset CD, anten TV. Reng sbhereng jieh lah. Bedeh berres 10 kile, ye ekalak kiah (Ya yang ada di dalam rumah itu kami ambil. TV, sound, DVD, kaset CD, antena TV. Ada beras 10 kilogram, ya diambil juga, red),” kata Mawi.

Semua barang hasil curian itu dibawa pulang dengan cara dibungkus sprei kasur milik korban. Sprei itu diambil dari salah satu kamar korban. Semuanya dibawa ke rumah Mawi.

Esambi moleh ka tang bungkoh. Reng bhereng jieh ebhungkos bi’ kaen sprei se bedeh neng kamar roma jieh. Pah ebhungkos etale’en. De’iyeh (Ya dibawa pulang ke rumah saya. Barang itu dibungkus dengan sprei yang ada di kamar korban. Pokoknya dibungkus dan dilati gitu saja),” aku Mawi.

Sementara itu, Kapolres AKBP Edwwi Kurniawan mengatakan, kedua pelaku masuk ke dalam rumah korban dengan cara membobol jendela rumah dengan linggis. Saat itu kondisi rumah korban sedang dalam keadaan kosong.

“Sebenarnya tersangka ini sudah berhasil diungkap identitasnya 2 hari setelah kejadian. Begitu ada laporan, petugas kami langsung bergerak. Kami temukan barang bukti di rumah tersangka. Tapi tersangka ini (Mawi) sudah melarikan diri, tapi sudah ditangkap. Temannya juga melarikan diri dan masih kami buru,” terang Kapolres. (yek/eem)


Bagikan Artikel