Sosbudpar

Peternak Iguana, Dari Cuma Hobi, Jadi Tambahan Penghasilan


BANTARAN – Iguana memang bukan jenis satwa yang jamak dipelihara. Namun, iguana disebutkan cocok menjadi satwa peliharaan yang sangat menghibur, bahkan untuk anak-anak. Sedangkan bagi Kasim, warga Desa/Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo, dari semula hobi memelihara Iguana, kini mampu memberi tambahan penghasilan.

Sebuah kandang iguana berada di pinggir jalan raya Bantaran. Jika kurang jeli, kandang itu bisa dikira kandang ayam. Apalagi, tempat itu berjajar rapi dengan stan penjual makanan dan minuman yang dibangun Desa Bantaran.

Kamis (15/7) itu tampak seorang pria sedang membawa timba dan gabus berada di pinggir kandang iguana tersebut. Pria itu bernama Kasim, pemilik iguana yang ada dalam kandang berukuran besar itu.

Di kandang tepi jalan itu ada iguana berukuran besar. Tak kurang dari 10 ekor iguana yang berada di kandang itu. Kasim secara membersihkan kulit iguana itu secara bergantian. Ada juga iguana yang dipotongi kukunya. “Ya begini saja cara merawat iguana,” kata Kasim sambil membersihkan seekor iguana yang berusia enam tahun.

Iguana itu ternyata sudah dipelihara kurang lebih lima tahun lalu. Kasim bercerita, awal mulanya ia tidak ada niat untuk mengembang-biakkan iguana. Kasim mengaku mulanya hanya untuk hiburan anaknya yang masih kecil. “Awalnya ya hiburan aja,” katanya.

Kasim memilih iguana karena tidak banyak yang memeliharanya. Apalagi, Kasim tinggal di Bantaran, yang terbilang jauh dari kota. “Sebelum itu, hiburan kami bareng anak-anak ya ke pelabuhan, ke alun-alun. Cuman kok jauh. Ya akhirnya milih iguana,” tuturnya. 

Kasim mengaku awalnya ia hanya membeli iguana berukuran sedang. Memelihara iguana pada awalnya tidak bisa dikatakan mudah. Iguana yang sudah berukuran besar sempat kabur selama satu setengah bulan.

“Kabur ketika dibersihkan. Makanya kalau pemula, mending memegang iguana di dalam ruangan, karena kalau lepas masih bisa diambil. Tapi namanya kurang pengalaman, jadi sempat kabur. Tetapi alhamdulillah bisa kembali lagi,” kata Kasim. 

Bapak dua anak ini menambahkan, perawatan iguana sebenarnya  mudah. Salah satunya karena memang iguana makanannya melimpah. Mulai dari kecambah, kangkung, kates dan lainnya. “Yang penting setiap hari harus dijemur, itu saja,” ujarnya. 

Kasim mengatakan, dari lima tahun memelihara iguana, ia mengaku sudah bisa berhasil mengembangkan iguana hingga ratusan ekor. Jenisnya bermacam-macam, mulai iguana green hingga iguana albino. Bahkan dari jumlah itu, iguana miliknya juga sudah banyak dipesan orang. “Kalau tanya omzet, kami nggak tahu ya berapa, karena ini awalnya hobi. Kemudian ada yang minat, kami jual,” ujarnya.

Yang lebih penting dari itu semua, kata Kasim, ia hanya memberikan hiburan kepada warga yang kebetulan ke Bantaran. “Makanya kami bikin kandang di depan rumah. Dengan seperti itu, ternyata justru menjadi hiburan sendiri bagi yang berkunjung ke kandang,” katanya.   (rul/iwy)


Bagikan Artikel