Sosbudpar

Belerang Bromo Rusak Wisata Strawberry


SUKAPURA – Wisata petik strawberry yang berada di kawasan wisata Gunung Bromo saat ini sedang rusak. Penyebabnya ialah adanya belerang dari Gunung Bromo yang terjadi sejak satu setengah bulan terakhir. Kondisi ini membuat wisatawan yang sudah kadung datang jadi kecewa.

Salah satu tempat wisata petik strawberry yakni di Desa Jetak, Kecamatan Sukapura. Dari pantauan Koran Pantura di lokasi tersebut Kamis (3/6), kebun strawberry itu tampak seperti biasanya. Tanaman strawberry tidak ada yang terlihat rusak.

Hanya, buah yang biasanya lebat, kemarin tidak ada. Cuma ada buah yang masih kecil dan belum matang. Produksi buah strawberry juga berkurang hingga 50 persen lebih.

Rokib, salah satu wisatawan asal Probolinggo, menyatakan pihaknya memang sengaja mengunjungi wisata petik strawberry di Desa Jetak. Namun, ketika sampai di lokasi, buah strawberry tidak tersedia. “Ya bagaimana lagi, ternyata nggak ada,” keluhnya. 

Sementara itu, Kermat selaku pemilik kebun strawberry di Desa Jetak mengatakan,  sudah satu bulan setengah ini wisata petik strawberry bermasalah. Menurutnya, penyebabnya ialah adanya bau belerang dari Gunung Bromo yang memasuki kawasan tersebut. “Ya karena ada belerang itu, mohon maaf belum bisa metik strawberry. Strawberry-nya rusak,” kata Kermat.

Menurutnya, bau belerang yang masuk ke kawasan itu mengakibatkan daun strawberry jadi mengering. Jika daun sudah mengering, maka buahnya pun tidak bisa sempurna. “Ya rusak,” ujarnya.

Kermat sendiri belum bisa memastikan kapan kebun strawberry itu akan kembali pulih dan bisa dibuka lagi untuk umum. “Butuh perawatan khusus. Makanya kami belum bisa memastikan kapan itu akan kembali normal,” katanya.

Untuk saat ini, tambah Kermat, pihaknya hanya bisa berupaya agar tanaman itu tetap hidup, sambil mencarikan solusi agar bisa kembali pulih.

Selain di Desa Jetak, kebun strawberry di Desa Wonokerto itu juga tertulis “habis”. Salah satu petugas yang ada di tempat itu menyatakan bahwa kendalanya sama, yakni tanaman strawberry rusak terkena belerang. (rul/iwy)


Bagikan Artikel