Sosbudpar

Jalankan Tradisi Keluarga, Mas Zulmi Sumbang 28 Ton Beras bagi Dhuafa


KURIPAN – H. Zulmi Noor Hasani, selaku founder Hasan Foundation memberikan bantuan beras kepada kaum dhuafa di Desa Resongo, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo, Rabu (28/4). Pemberian beras itu memang sudah rutin dilakukan di bulan Ramadan dan sudah menjadi tradisi keluarganya.

Momen pemberian beras itu disambut suka cita oleh Mas Zulmi- sapaan akrabnya. Apalagi banyak kaum dhuafa yang meluangkan waktunya untuk hadir di acara tersebut. “Biasanya jam segini menyiapkan hidangan untuk keluarga, tapi rela menghadiri untuk bertemu kami. Kami ucapkan terimakasih. Semoga ini menjadi ladang ibadah kita semua di bulan suci ramadan,” kata Zulmi.

Menurut Zulmi, memberikan beras kepada kaum dhuafa di bulan Ramadan itu merupakan tradisi keluarga. “Setiap bulan ramadan, pasti membagikan beras kepada yang membutuhkan. Tradisi ini sudah turun menurun. Dari kakek, kemudian ke bapak saya, dilanjutkan saya,” katanya.

Beras yang diberikan merupakan hasil dari tanam padi yang dilakukan ia dan keluarga. “Dari panen padi itu kemudian kami berikan kepada kaum duafa,” katanya.

Seharusnya, dalam Ramadan itu ia menyumbangkan beras sebanyak 24 ton. Namun tahun ini melebihi hingga 28 ton. “Setiap kecamatan kami berikan ke dua desa. Masing-masing desa kami berikan 500 kilogram beras. Oleh karena itu, kami meminta doa nya kepada bapak dan ibu yang hadir agar ke depan kami bisa memberikan lebih,” terangnya.

Selain memberikan beras, adanya kegiatan baksos ini menjadi ajang silaturahmi dengan  masyarakat di kabupaten probolinggo. (rul/awi)


Bagikan Artikel