Sosbudpar

MUI Probolinggo Larang Patrol Sahur Keliling


KRAKSAAN Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo melarang masyarakat untuk melakukan kegiatan patrol sahur keliling. Karena kegiatan tersebut dinilai dapat mengganggu kenyamanan masyarakat yang sedang istirahat malam.

Sekretaris MUI setempat Yasin mengatakan, pada bulan Ramadan, masyarakat siangnya sudah menjalankan ibadah puasa, lalu malamnya melaksanakan ibadah salat tarawih yang dilanjutkan dengan tadarus hingga malam, atau sampai pukul 22.00. Sehingga waktu istirahat masyarakat harus benar-benar dijaga ketenangannya.

Namun menurutnya, di saat jam-jam istirahat itu, masyarakat kerap terganggu dengan bunyi pukulan-pukulan alat patrol sahur keliling. Bahkan, ada yang sudah memulai patrol sejak pukul 00.00.

“Ini justru mengganggu, karena jam 12 malam, jam 1, itu waktunya istirahat bukan waktunya sahur. Toh mereka juga baru istirahat,” katanya, Kamis (15/4).

Bahkan, ia menerangkan, waktu sahur yang baik itu bukan pada waktu pukul 00.00 WIB malam, ataupun pada pukul 01.00 WIB, sehingga sudah selayaknya tidak ada masyarakat yang melakukan patrol sahur keliling. Menurutnya, waktu terbaik untuk melaksanakan sahur ialah saat mendekati imsak.

“Dalam sunnahnya juga jelas, sahur yang baik itu saat mendekati imsak, bukan tengah malam. Jadi tidak perlu ada patrol-patrol sahur keliling. Karena sekali lagi, itu mengganggu,” terangnya.

Yasin pun menyarankan, jika masyarakat ingin membangunkan orang sahur cukup menggunakan metode pengumuman melalui pengeras suara yang ada di masjid atau musala sekitar. Namun tetap tidak boleh melakukan pengumuman di tengah malam.

“Pakai speaker sudah cukup, cuma tetap jangan terlalu malam, menjelang imsak saja. biar sekalian warga bisa langsung salat shubuh setelah sahur,” terangnya.

Untuk mengantisipasi adanya patrol sahur keliling yang dapat mengganggu masyarakat, pihaknya meminta kepada pihak Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) setempat, untuk juga turut mengimbau masyarakat agar tidak melakukan patrol sahur keliling lagi. (ay/awi)


Bagikan Artikel