Sosbudpar

Anut Perhitungan Da-Nam-Ro, Jamaah Aboge Mulai Puasa Rabu


LECES – Berbeda dengan pemerintah, jemaah Aboge di Kabupaten Probolinggo mengawali puasa pada Rabu (14/4). Namun jemaah Aboge tetap menghormati bagi warga lain yang berpuasa pada hari ini.

Dari pantauan Koran Pantura, kampung Aboge yang terdapat di Dusun Wuluhan, Desa Leces, Leces, Kabupaten Probolinggo masih beraktivitas seperti biasa. Mereka bekerja, makan, dan minum.

“Kami hari ini belum melaksanakan puasa, jadi masih makan dan minum seperti biasa, besok baru mulai puasa Ramadhan karena jemaah Aboge punya perhitungan sendiri,” ujar salah satu jemaah Aboge, Soleh (32), Selasa (13/4).

Warga terlihat melakukan persiapan untuk salat tarawih dan tadarus. Warga khususnya remaja dan anak-anak membersihkan musala, mulai dari ngepel, menyapu hingga membersihkan kaca musala. Sementara kaum perempuan mulai memasak dan membuat bumbu untuk selamatan dan menu makan sahur nanti malam.

Hampir setiap tahunnya, jadwal awal bulan Ramadan yang ditentukan jemaah Aboge selalu berbeda dengan pemerintah, selisih satu atau dua hari. Jemaah Aboge sendiri berpedoman kepada perhitungan berdasarkan pada kalender Islam yang diatur dalam kitab mujarobah. Mereka menyebutnya dengan keyakinan Aboge tahun Alif Rebo Wage.

Menurut Ustaz Buri Bariyah, tokoh jemaah Aboge, untuk tahun ini puasa akan dimulai Rabu besok berdasarkan hitungan Da-Nam-Ro, bulan Ramadhan hari ke enam pasaran loro atau dua. Jadi 1 Ramadhan selisih satu hari dengan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Bulan puasa bagi jemaah Aboge pada hari Rebo. Hitungannya Da-Nam-Ro, bulan Ramadhan ambil pasaran loro, bulan sura jatuh hari Jumat, hari keenam pasaran loro, jadi awal Ramadhan jatuh Rabu kliwon. Meski selalu berbeda dengan jadwal yang ditentukan pemerintah, namun kami selalu saling menghormati,” kata Buri Bariyah.

Di Kabupaten Probolinggo sendiri kurang lebih ada 1.000 jemaah Aboge yang tersebar di 10 desa di 4 kecamatan yakni Kecamatan Dringu, Leces, Bantaran, dan Kecamatan Tegal Siwalan. (tm/awi)


Bagikan Artikel