Sosbudpar

Bupati Kenalkan Konsep Ekowisata


SUKAPURA – Pandemi Covid-19 ternyata mengubah pemikiran masyarakat utamanya dalam hal berwisata. Bahkan, ada kecendrungan masyarakat lebih memilih wisata alam dibanding dengan wisata buatan.

Hal itu terungkap saat Bupati Tantri meresmikan Bromo Autentic Permaculture (Baper) di Desa Ngepung, Kecamatan Sukapura.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengatakan adanya Baper itu, pilot project dengan konsep wisata baru. “Warga sekitar bisa mengelola alam tanpa mengurangi penghasilannya, dan semangat bersama bagaimana kebaikan dan kelestarian alam ini dijaga bersama,” kata Bupati.

Bupati Tantri menambahkan dari penerapan permaculture itu pula juga akan berdampak pada sektor wisata,” katanya. Pasalnya, di lahan tersebut masyarakat diajak mengenal pertanian organik.

Bupati mengungkapkan adanya pandemi bisa merubah prilaku berwisata. Jika dulunya banyak tertarik dengan wisata buatan seperti playground, pergi ke mall dan lainnya, saat ini bergeser dengan wisata alam.

“Nah, sekarang ini banyak orang jakarta yang akhir pekan hanya untuk jalan kaki di hutan. Setahun pandemi merubah pola pikir, termasuk diantaranya wisata. Pola bisnis pariwisata seperti playground sudah sepi dan memilih kembali ke alam,” katanya.

Karena peluang ini pula, Bupati Tantri meminta agar wisata alam di Kabupaten Probolinggo dimaksimalkan. Termasuk destinasi wisata baru di desa Ngepung tersebut. “Peluang ini harus bisa di maksimal, karena wisata alam sudah menjadi pilihan utama di tengah pandemi, apalagi sudah lama di rumah, pasti justru memilih ke alam,” terangnya. (rul/ra)


Bagikan Artikel