Sosbudpar

Misteri Sumur di Rumdin Walikota Probolinggo, Kerap Muncul Penampakan Makhluk Astral


PROBOLINGGO – Rumah dinas (rumdin) Walikota Probolinggo punya sumur misteri. Di rumah dinas  yang berada di ujung ruas Jalan Panglima Sudirman tersebut ada dua sumur yang lurus satu garis dengan sumur lainnya.

Sumur-sumur tersebut berada di gedung yang kini ditempati Bank Taspen, Benglap (Bengkel dan Perlengkapan) TNI dan Kantor Satpol PP serta Makodim 0820. Jadi ada tujuh sumur yang dibuat lurus.

Walikota Hadi Zainal Abidin mengaku tidak tahu mengapa 7 sumur tersebut dibuat lurus. Bahkan, ia juga tidak tahu kapan dua sumur yang ada di rumdin dibangun. Apakah di zaman penjajahan Belanda atau masa usai kemerdekaan. “Kami tdak tahu. Coba sampeyan telusuri,” kata Walikota kepada sejumlah wartawan, Rabu (31/3) siang di rumdin.

Meski begitu, Walikota Hadi menyatakan kalau mulai dari rumdin hingga Makodim, semasa pendudukan Belanda ditempati Residen beserta pembesar Belanda. Dimungkinkan, di bawah sumur ada sumber atau sungai bawah tanah. “Informasinya, kalau Belanda bikin sumur, tepat pada sumber air. Kenapa Lurus? Mungkin sumbernya satu garis,” katanya.

Dua sumur tua yang ada di rumdin masih ada sampai saat ini. Hanya, satu sumur di sisi timur ditutup dengan sirap kayu agar tidak membahayakan. Sedangkan sumur sisi barat, meski ditutup dengan jeruji besi, namun masih berfungsi. “Airnya kami pakai untuk nyiram halaman dan taman. Airnya masih bagus,” tambah Walikota.

Saat ditanya tentang makhluk astral penunggu sumur, Walikota Hadi berterus terang  tidak pernah kelihatan.  “Enggak tahu saya. Enggak pernah kelihatan. Coba tanya ke pegawai yang pernah dinas di sini. Atau ajudan walikota sebelumnya,” lanjutnya.

Sedangkan Dadang Wijaya, petugas kebersihan di rumah dinas mengaku sering melihat penampakan makhluk astral. Tetapi, makhluk astral berwujud laki-laki tersebut tidak pernah mengganggu atau menakut-nakuti. Makhluk itu hanya menampakkan diri berjalan dan menuju kamar yang ditempati Dadang saat ini.

Kata Dadang, di sumur barat ada makhluk astral berwujud perempuan seperti noni-noni Belanda. “Kalau di sumur timur ini laki-laki. Wajah dan postur tubuhnya tinggi kayak Belanda,” ujarnya.

Dadang yang tinggal di rumah dinas sejak era Walikota HM Buchori, hingga saat ini masih sering melihat penampakan makhluk halus tersebut. “Sampai sekarang masih ada. Soal waktunya, tidak pasti. Tapi malam hari terus. Enggak, saya tidak takut karena tidak mengganggu,” katanya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel