Sosbudpar

Deteksi Covid, Penumpang KA Wajib GeNose C-19


PROBOLINGGO – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember mewajibkan seluruh calon penumpang untuk menjalani cek GeNose C19. Hal itu untuk memastikan moda transportasi darat tersebut tetap steril dari Covid-19.

Total terdapat 4 stasiun yang disediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 oleh PT KAI Daop 9 Jember. Mulai dari Stasiun Probolinggo, Kalisetail, Jember, dan Ketapang. Layanan tersebut disediakan dengan bekerjasama dengan Indofarma melalui anak usahanya yakni Farmalab.

Vice President KAI Daerah Operasi 9 Jember Broer Rizal mengungkapkan, kewajiban pemeriksaan GeNose C-19 tersebut. Merupakan salah satu upaya nyata dari PT. KAI untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kawasan stasiun dan di dalam kereta api.

“Kami terus berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam perang melawan penyebaran Covid-19. Sekaligus kami ingin memastikan layanan kereta api yang kami kelola bebas dari penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Dijelaskannya dalam proses pemeriksaan GeNose C-19 bagi calon penumpang. Hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit saja. Dengan akurasi pemeriksaan GeNose hingga mencapai 98 persen dalam mendeteksi Covid-19. Dipastikan tidak akan mengganggu jadwal keberangkatan bagi para calon penumpang yang hendak menaiki kereta api.

“Bagi calon penumpang harus tiba minimal setengah jam sebelum kereta api datang. Sehingga cukup waktu bagi mereka untuk menjalani pemeriksaan GeNose C-19 yang dikenakan biaya Rp 30 ribu,” jelasnya.

Disebutkannya pula bahwa hingga 28 Maret 2021 lalu, telah ada sebanyak 3.910 penumpang yang menjalani pemeriksaan GeNose C-19 di 4 stasiun yang ada di bawah naungan PT  KAI Daop 9 Jember.

“Bagi calon penumpang yang memiliki hasil Rapid Test, PCR, dan Swab Antigen yang masih berlaku, tidak perlu menjalani GeNose C-19 dan diperbolehkan naik kereta api. Namun bagi yang telah divaksin tetap wajib menjalani pemeriksaan GeNose C-19,” sebutnya.

Ditambahkan Broer, untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas dan tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air mineral) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.“Hasil pemeriksaan GeNose C19 di 4 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh,” katanya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel