Sosbudpar

Hasan Foundation Dirikan 3 Dapur Umum untuk Korban Banjir Dringu


DRINGU – Dalam upaya memenuhi kebutuhan ribuan warga terdampak banjir di kecamatan Dringu, Hasan Foundation mendirikan 3 posko dapur umum. Ketiga dapur umum tersebut menyediakan suplai makanan bagi para korban banjir di Desa Kedungdalem dan Dringu.

Berdasarkan pantauan Koran Pantura, keberadaan posko dapur umum tersebut sangat bermanfaat bagi para korban banjir. Lantaran letaknya yang strategis dan berada dekat pemukiman warga yang terdampak banjir. Bahkan 2 dari 3 posko yang didirikan berada di lokasi terdampak banjir, yakni di Dusun Siwalan dan Ngemplak. Sedangkan 1 posko dapur umum didirikan di lokasi pengungsian di SD Dringu.

Direktur Utama Hasan Foundation H. Zulmi Noor Hasani mengatakan, pendirian posko dapur umum ini bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan para korban banjir. Mereka masih   membutuhkan pasokan makanan sejak bencana banjir melanda sepekan yang lalu.

“Sejak banjir ketiga surut, kami langsung mendirikan tiga posko dapur umum. Alhamdulillah sambutannya luar biasa, para korban banjir senang dengan kehadiran dapur umum yang kami dirikan itu. Terbukti tiap harinya ratusan porsi makanan selalu ludes dikonsumsi,” ungkapnya, Minggu (14/3).

Dijelaskannya pendirian posko dapur umum ini, merupakan bentuk kepedulian darinya dan para relawan Mas Zulmi yang menghendaki adanya kontribusi nyata bagi para korban banjir. Akhirnya diputuskan dapur umum adalah solusi konkret untuk menyediakan pasokan makanan bagi para korban banjir setiap waktunya.

“Jadi tujuannya agar para korban banjir fokus pada kegiatan membersihkan lumpur di rumahnya. Untuk pasokan makanannya kita yang bantu sediakan,” jelasnya.

Lebih lanjut, pria muda yang akrab disapa Mas Zulmi ini menyebut kalau keberadaan dapur umum itu akan diakhiri Senin (15/3). Sebab, para korban banjir sudah mulai bisa kembali melakukan aktifitas memasak di rumah masing-masing.

“Porsi harian makanan bagi para korban banjir terus menurun, sehingga kami putuskan untuk keberadaan posko dapur umum itu kami akhiri besok (hari ini, red),” kata Mas Zulmi. (tm/iwy)


Bagikan Artikel