Sosbudpar

Kiai Mutawakkil Baik-baik Saja


PAJARAKAN – Sebuah pesan meresahkan tentang KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah beredar di media sosial WhatsApp sejak Minggu (21/2). Pesan itu cukup menghebohkan karena Kiai Mutawakkil disebut-sebut wafat. Padahal, kondisi kesehatan Ketua Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur ini cukup baik.

Pesan hoax itu langsung direspon cepat oleh Sekretaris MUI Jatim Akh. Muzakki. Guru besar di Bidang Sosiologi Pendidikan UIN Sunan Ampel Surabaya itu menyatakan kabar tersebut hoax dan tidak benar. Senin (22/2), ia bahkan berkomunikasi langsung dengan Kiai Mutawakkil untuk memastikan benar tidaknya kabar tersebut.

Selanjutnya, Muzakki lantas mengeluarkan rilis. Dalam rilis tersebut, dinyatakan bahwa Kiai Mutawakkil yang merupakan Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong itu dalam kondisi baik. Dengan demikian, pesan berantai menyangkut Kiai Mutawakkil, dipastikan menyesatkan dan tidak benar.

“Beliau (Kiai Mutawakkil, red) seharian berkomunikasi dengan kami. Tercatat pada 12:35 WIB, beliau juga dalam komunikasi dengan kami dalam keadaan sehat sama sekali,” kata Muzakki dalam rilis tersebut.

Di sisi lain, untuk memastikan keterangan dari Muzakki, Koran Pantura menghubungi Sekretaris Pesantren Genggong A. Taufiq Hidayat. Ketika dikonfirmasi, Taufiq menepis kabar yang menyatakan bahwa Kiai Mutawakkil wafat. Taufiq mengatakan, saat ini kondisi Kiai Mutawakkil baik-baik saja.

“Alhamdulillah, Kiai sehat-sehat saja. Sekarang beliau ada di dalem (kediaman),” ungkap Taufiq, kemarin siang. (yek/eem)


Bagikan Artikel