Sosbudpar

Prioritas Cegah Penularan Covid-19


MAYANGAN – Program kuliah kerja nyata (KKN) dari Universitas Panca Marga (UPM) di Kecamatan Mayangan memprioritaskan pencegahan Covid-19. Bahkan, mayoritas program kerjanya ikut bantu pemerintah untuk memutus penularan Covid-19.

Ada 18 mahasiswa yang mengikuti program KKN Kecamatan Mayangan ini. Pengabdian dilaksanakan sebulan meliputi 4 kelurahan, yakni kelurahan Mayangan, Mangunharjo, Wiroborang, dan Sukabumi.

Salah satu andalan program yakni memberikan edukasi 5 M kepada masyarakat. Yakni mencuci tangan pakai sabun selama 20 detik, memakai masker dengan benar, menghindari kerumunan, menjaga jarak aman yaitu 2 meter, meminimasi mobilitas.

“Jadi yang menjadi prioritas kami yakni penerapan 5M di tengah masyarakat,” kata dosen pembimbing lapangan (DPL) Dr. Trismawati, M.T.

Selain penerapan 5M, dalam pengabdian kepada masyarakat juga dilakukan berbagai program pencegahan Covid-19. Mulai penyemprotan disinfektan di fasilitas umum hingga pemberian bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu. “Karena pada dasarnya kami ingin pandemi ini segera berkahir. Makannya kami juga ikut membantu mensukseskan program pemerintah,” ujarnya.

Selain itu, Kelompok KKN menciptakan minuman segar dari sari kunyit, blimbing wuluh dan gula aren untuk membangkitkan wirausaha ibu rumahan dalam rangka menjaga ketahanan pangan Nasional. “Dari keterampilan membuat produk itu diharapkan ke depan kaum ibu lebih mandiri,” tandasnya. (rul/ra)


Bagikan Artikel