Sosbudpar

Mas Zulmi Apresiasi Pelukis Lokal


KRUCIL – Sebuah kelompok seniman yang tergabung dalam Komunitas Arang menggelar pameran seni rupa, Sabtu (13/2). Kegiatan kreatif yang digelar di Desa Bermi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo itu diapresiasi Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo H. Zulmi Noor Hasani.

Menurut tokoh muda yang karib disapa Mas Zulmi ini, kegiatan kreatif di tengah pandemi perlu diapresiasi. Apalagi jika kegiatan itu dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, pandemi Covid-19 cukup berdampak kepada para seniman yang kerap menggelar kegiatan. Sebab selama pandemi, pameran sulit digelar.

“Komunitas Arang menampilkan lukisan-lukisan kreatif. Kegiatan ini sudah lama sekali tidak ada di Kabupaten Probolinggo karena ada pandemi. Oleh karenanya saya ucapkan selamat kepada Komunitas Arang yang telah mengadakan pameran dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata Direktur Utama Koran Pantura ini.

Mas Zulmi menilai kreativitas yang dimunculkan oleh para pelukis lokal perlu diapresiasi oleh berbagai kalangan. Ia mengatakan, karya seni mengandung berbagai macam estetika kehidupan yang diwujudkan dalam berbagai bentuk. Seperti lukisan.

“Pameran adalah sarana bagi penikmat seni untuk mengekspresikan apa yang mereka pikirkan dan mereka hasilkan. Adanya pameran di Desa Bermi ini menjadi penyejuk bagi para pelukis yang sudah lama tidak bisa mengekspresikan diri,” terang putra dari Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H. Hasan Aminuddin ini.

Pameran seni rupa itu sendiri diikuti oleh seluruh anggota Komunitas Arang. Mereka menampilkan karya lukis yang dipajang di sebuah kafe di Desa Bermi. Pameran itu dibuka oleh Mas Zulmi dan Rektor Universitas Zainul Hasan Genggong Abdul Aziz Wahab. (awi/eem)


Bagikan Artikel