Sosbudpar

Mas Zulmi: Koperasi, Pondasi Kuat Amankan Potensi


LUMBANG – Dewan Kehormatan HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Kabupaten Probolinggo  H. Zulmi Noor Hasani mendorong pembentukan koperasi. Sebab menurutnya, koperasi merupakan salah satu pondasi kuat untuk mengamankan potensi yang ada di daerah.

Hal itu terungkap saat Zulmi menghadiri peresmian koperasi Langgeng Basuki di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Rabu (3/2). Ikut hadir dalam kegiatan itu Kadis Koperasi dan UKM Anung Widyanto dan Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Jahyadi.

Dalam koperasi Langgeng Basuki ini tidak hanya ada peternak sapi. Ada pula  peternak lebah. Ruang gerak koperasi meliputi simpan pinjam dan lainnya, sesuai dengan potensi yang ada di Kecamatan Lumbang.

Dalam kesempatan tersebut Zulmi mengatakan bahwa memang dalam hal ini yang menjadi fokus utama HIPMI yakni mengembangkan potensi sumber daya alam dan manusia asli lokal. Termasuk mengamankan potensinya dengan mendirikan  koperasi. “Koperasi ini juga menjadi pondasi yang kuat. Kalau pondasinya kuat, pengembangan yang lain pun akan lebih mudah,” terangnya.

Pengusaha muda ini mengatakan, potensi yang ada di Kecamatan Lumbang luar biasa. Sehingga, potensi yang dikembangkan sendiri, hasilnya akan dinikmati daerah sendiri bukan daerah lain. “Jadi tidak dimonopoli daerah lain, tapi akan dinikmati daerah kita sendiri,” jelasnya.

Dengan koperasi yang ada saat ini, kedepan akan banyak memberikan  manfaat kepada masyarakat. Utamanya peternak sapi, madu dan potensi lainnya. “Jadi harus ada pondasi yang kuat untuk berbagai sektor. Apalagi di Lumbang, berbagai hasil alam justru yang menikmati adalah daerah besar. Tidak hanya madu, kopi dan beras pun juga sama,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Anung Widyanto mengatakan tidak hanya peternak yang menjadi perhatian, tapi juga sektor lain juga diperhatikan. “Saat ini sedang gencar-gencarnya mendirikan koperasi. Dalam waktu dekat kami juga akan menggagas koperasi batik Probolinggo. Di dalamnya berisi para perajin batik Kabupaten Probolinggo,” ujar Anung. (rul/iwy)


Bagikan Artikel