Sosbudpar

Muskercab I PCNU Kota Kraksaan, Hasan Aminuddin : Struktur Harus Menyapa Kultur


KRAKSAAN – PCNU Kraksaan menggelar musyawarah kerja cabang (Muskercab) pertama, pada Minggu (17/1). Bertempat di  kantor PCNU Kraksaan, Muskercab tersebut dilangsungkan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Minggu (17/1) PCNU Kota Kraksaan periode 2020-2015 melangsungkan Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) I. Acara yang digelar di Kantor PCNU Kraksaan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H Hasan Aminuddin.

Karena pandemi Covid-19 belum berakhir, semua peserta yang hadir dalam acara tersebut diwajibkan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Selain menggunakan masker, semua peserta diwajibkan untuk cuci tangan dengan sabun sebelum memasuki kantor PCNU. Selanjutnya, sebelum memasuki ruang musyawarah, pesera juga diharuskan menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan oleh panitia.

Sekitar pukul 09.00, acara pun dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Ansor. Hingga kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Hasan Aminuddin yang notabene adalah mustasyar PCNU setempat juga memberikan sambutan. Dalam sambutannya Hasan menyampaikan, Muskercab merupakan amanah dari AD/ART. Sehingga merupakan kewajiban dari para pengurus untuk melangsungkannya guna menentukan arah program PCNU ke depan.

“Tentunya, sudah banyak program yang dicanangkan oleh pengurus. Tetapi semuanya harus melalui musyawarah mufakat, dan Muskercab inilah forumnya, sesuai dengan apa yang ada dalam AD/ART,” katanya, Kamis (17/1).

Ia juga menyampaikan, pengurus harus rajin terjun langsung menyapa masyarakat guna membangun masyarakat agar dapat meningkatkan kecintaannya terhadap NU. Tentunya, hal tersebut harus dibarengi dengan keluhuran akhlak, agar masyarakat dapat mencintai NU dengan contoh akhlak yang dilakukan oleh pengurusnya.

“Struktur (pengurus, red) ini harus menyapa kultur (masyarakat, red), sehingga kultur dapat kembali mencintai NU. Tentunya sapaannya harus disertai akhlak yang baik, agar dapat dicontoh,” paparnya.

Hasan pun berharap, Muskercab tersebut dapat menghasilkan program-program yang dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Sehingga, melalui program tersebut, dapat menjadikan NU yang lebih baik dan dapat menjadikan organisasi NU menjadi lebih besar.

“Tidak masalah programnya meski sederhana, yang penting dapat memikat hati warga Nahdlatul Ulama,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah PCNU setrmpat, KH. Shihabuddin Sholeh dalam sambutannya mengatakan, PCNU Kota Kraksaan saat ini mempunyai visi untuk mewujudkan organisasi NU yang profesional, transparan, amanah, dan mandiri.

“Sesuai dengan arahan Mutasyar (Hasan Aminuddin, red) kami akan membangun sistem serapi mungkin, sehingga langkah organisasi untuk menyapa masyarakat bisa bagus dan terarah. Tentunya sesuai dengan AD/ART organisasi,” paparnya. (ay/iwy)


Bagikan Artikel