Sosbudpar

Wisata Krucil-Gili Kembali Dibuka


KRUCIL –  Semua lokasi wisata di Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo hari ini kembali dibuka. Sebelumnya, lokasi wisata di Krucil ditutup oleh Satgas Covid-19 lantaran banyaknya pengunjung yang melakukan perayaan liburan tahun baru.

Koordinator Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan, dibukanya kembali lokasi wisata di kecamatan Krucil tidak terlepas dengan mulai efektifnya jam kerja.

Dengan demikian, potensi adanya kerumunan lagi di lokasi wisata akan berkurang. “Senin kan sudah jam kerja. Asumsi kami, kalau jam kerja itu masyarakat tidak akan terlalu ramai lagi,” kata Ugas kepada Koran Pantura, Minggu (3/1).

Meski lokasi wisata sudah diizinkan kembali beroperasi, pihak Satgas Covid-19 akan tetap melakukan pemantauan. Terutama untuk memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) bisa tetap dijalankan secara maksimal oleh pengelola wisata.

“Kami akan tetap pantau. Kalau nanti toh masih ramai, kami akan cek prokesnya. Kalau tidak dijalankan, maka kami akan evaluasi lagi untuk penutupan selanjutnya,” jelasnya.

Tak hanya lokasi wisata di Kecamatan Krucil, pihaknya sudah mengizinkan kembali beroperasinya lokasi wisata di Pulau Gili Ketapang. Namun, ia tetap berharap, pihak pengelola tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatannya, agar pihaknya tidak melakukan penutupan kembali.

“Sebenarnya kasihan juga melakukan penutupan, karena di sana (lokasi wisata, red) ada sumber perekonomian warga. Tapi, meski ekonomi itu penting, keselamatan dan kesehatan itulah hukum tertinggi,” ujarnya.

 Tak hanya di Kecamatan Krucil, Ugas menegaskan, lokasi-lokasi wisata di daerah lainnya jangan sampai abai terhadap penerapan protokol kesehatannya. Sebab, jika hal tersebut terjadi, maka pihaknya tidak akan segan-segan melakukan penutupan.

 “Kami tidak mau ambil resiko, kalau memang di lapangan pihak pengelola wisata tidak serius dalam penerapan prokesnya, kami akan tutup,” tegasnya. (ay/iwy)


Bagikan Artikel