Sosbudpar

Long Weekend, Kunjungan Wisata Naik 2 Kali Lipat


DRINGU – Jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Probolinggo mengalami kenaikan dua kali lipat. Wisata Gunung Bromo masih mendominasi dalam pencatatan yang direkap oleh Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Pemkab Probolinggo sendiri mengelola beberapa tempat wisata. Di antaranya Gunung Bromo, Madakaripura, Pantai Bentar, Pantai Duta, P30, Miniatur Ka’bah, Ranu Segaran, Ranu Agung, hingga Ronggojalu.

Dari tempat ini pula yang paling banyak dikunjungi yakni kawasan wisata Gunung Bromo. Bahkan, selama lima hari selama libur Hari Maulid dan cuti bersama mencapai 2.355 orang. “Ya memang ada kenaikan dari hari biasa, yang banyak tanggal 29 atau pas libur maulid nabi,” jelas Kasi Destinasi Wisata pada Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Musa, Minggu (1/11).

Musa mengatakan, selain Gunung Bromo, wisata yang masih diminati warga yakni wisata Pantai Bentar dan Pantai Duta. “Di tempat ini kenaikannya lebih dari dua kali lipat,” jelasnya.

Sementara untuk wisata Puncak Pundak Lembu atau P30 di Desa Wonokerso, selama libur panjang itu hanya dikunjungi 49 orang. “Ya jumlahnya segitu, karena untuk tempat ini baru dan memang butuh proses agar lebih banyak dikenal warga,” katanya.

Sementara sisanya masih bervariasi seperti halnya air terjun madakaripura yang mencapai 649 pengunjung. “Sementara untuk Ranu Segaran dan Ranu Agung berada di bawah Madakaripura,” tandasnya. (rul/awi)

 


Bagikan Artikel