Sosbudpar

Pergantian Tahun, Pendaki Meningkat

KRUCIL – Libur panjang tahun baru banyak dimanfaatkan para traveler untuk melakukan pendakian ke Gunung Argopuro. Di base camp pendaki  di Desa Bermi, Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo tercatat ada hampir 100 pendaki yang mendaftar.

Arifin (47), petugas jaga base camp mengatakan, ada peningkatan jumlah pendaki dalam masa pergantian tahun. Menurutnya, di hari libur biasa jumlah pendaki hanya 10-50 orang. Sedangkan lima hari sebelum dan setelah pergantian tahun, jumlah pendaki mencapai 100 orang.

“Hampir setiap hari ada pendaki, mulai dari freelance maupun mapala. Mereka berasal dari berbagai daerah,” kata Arifin, kemarin (6/1).

Beberapa pendaki terlihat beristirahat di salah satu pos pendakian Gunung Argopuro (koranp pantura/Istimewa)

Arifin menyatakan, peningkatan jumlah pendaki Gunung Argopuro biasa terjadi di momen liburan. Termasuk di masa liburan akhir tahun. “Saat liburan Natal jumlah pendaki masih normal. Jumlahnya meningkat setelah Natal sampai lima hari pertama di tahun baru. Sebagian besar pendaki berasal dari luar daerah, seperti Jakarta, Bandung, Bogor dan lainnya,” terangnya.

Selama liburan pergantian tahun, intensitas hujan masih terbilang tinggi. Untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk, selalu dilakukan pemeriksaan ketat terhadap kelengkapan para pendaki. Ada tim ranger yang dibentuk dan siap memandu para pendaki.

“Di jalur pendakian Gunung Argopuro, semua pos dijaga oleh anggota Ranger kami. Mereka siap memberikan bantuan ataupun petunjuk tentang medan yang akan dilalui pendaki,” imbuh Arifin.

Selain itu, sebelum melakukan pendakian, para pendaki juga diingatkan agar  berhati-hati dan  menjaga kelestarian lingkungan. Misalnya, tidak membuang sampah, menyisakan api pembakaran atau menyalakan kembang api.

“Kami juga selalu mengingatkan kepada para pendaki untuk selalu mengutamakan keselamatan. Lalu saat terjadi hujan, disarankan untuk istirahat, buka tenda dan baru melanjutkan perjalanan saat kondisi cuaca sudah aman,” ujar Arifin. (ben/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan