Sosbudpar

Bukit Batitang Jadi Rebutan Probolinggo-Lumajang


TIRIS – Keindahan Bukit Savana Batitang di Desa Ranugedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, belakangan ini viral di media sosial (medsos). Namun, setelah viral, justru menjadi rebutan antar daerah.

Bukit Batitang terkenal setelah muncul di postingan akun Hafidil Mustofa di Grup Jelajah Jawa Timur. Setelah ada postingan tersebut, barulah sejumlah wisatawan banyak berkunjung ke Bukit Batitang untuk mengabadikan keindahan bukit yang berada di Desa Ranugedang itu.

Berikutnya, belakangan ini muncul klaim bahwa Bukit Batitang masuk kawasan Kabupaten Lumajang, tepatnya masuk wilayah Desa Alun-Alun Kecamatan Ranuyoso. Itu bisa dilihat dari postingan akun resmi milik Kantor Kecamatan Ranuyoso.

Karena itu, di medsos ikut muncul klaim kewilayahan. Termasuk akses yang bisa dilalui untuk menuju Bukit Batitang. Bila masuk dari jalan Desa Alun-Alun, medannya cukup ekstrem.

Menurut Camat Tiris Imron Rosadi, memang untuk ke Bukit Batitang bisa akses dari Desa Ranugedang Kecamatan Tiris jauh lebih mudah. “Jadi, akses ke bukit ini bisa lewat Ranu Gedang, lebih enak,” jelasnya.

Camat Imron sendiri mengaku sudah mendengar adanya klaim kewilayahan Bukit Batitang. “Memang saya dengar begitu, termasuk dari KRPH. Kalau sebagian memang masuk Lumajang. Tetapi kalau wilayah kan belum tahu juga,” katanya.

Menurutnya, sampai saat ini belum ada patok batas wilayah di kawasan tersebut.  “Sehingga memang ketika mau ditarik apakah itu masuk Probolinggo atau diklaim Lumajang, belum jelas. Karena tidak ada patok wilayah,” katanya.

Kendati demikian, ke depan pihaknya akan mengembangkan kawasan ini. Apalagi aksesnya lebih mudah bila lewat Desa Ranugedang. “Beberapa kali memang sudah  ketemu dengan Pemdes, ketua BUMDes, Pokdarwis dan juga LMDH. Pada intinya ingin mengembangkan daerah tersebut.   Kalau untuk kabupaten (pemkab, red), sudah kami sampaikan ke Kadis Pariwisata secara lisan. Dan insha Allah pemkab mendukung,” terang Camat.

Bukit Batitang terbilang masih banyak dijamah. Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung bisa melalui akses dari PG Gending. Diperlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam menuju bukit ini dengan mengendarai motor. Pengunjung bisa melewati Desa Klenang (Kecamatan Banyuanyar), dan Pesawahan (Tiris).

Sampai di perempatan di perbatasan Pesawahan dan Ranugedang, belok kanan. Anggota DPRD Jatim Habib Mahdi telah menikmati indahnya bukit ini dengan motor trail. “Menikmati panorama bukit savana. Juga gunung dan perbukitan yang mengitarinya,” kata Mahdi.

Akses jalan masih cukup ekstrem. Masih berupa tanah, sedikit menanjak, dan hanya setapak. Karena itu, Mahdi menyebut jalur menuju bukit surga ini masih perlu dibenahi. “Motor sebaiknya tidak naik sampai ke bukit, untuk menjaga kelestarian alam. Dan sebaiknya ada guide atau ojek wisata,” ujar Mahdi perihal Savana Batitang. (rul/)


Bagikan Artikel