Sosbudpar

Warga Tengger Patuhi Protokol Kesehatan saat Yadnya Kasada


SUKAPURA – Warga suku Tengger yang merayakan Yadnya Kasada tahun ini bisa dibilang sudah mematuhi protokol Kesehatan. Hal itu tercermin saat berada di lokasi check point di sepanjang jalur menuju kawasan wisata Gunung Bromo.

Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengatakan, dari pantauannya bersama tim, memang secara umum masyarakat Tengger sudah melaksanakan protokol kesehatan. “Yang kami lihat memang sudah menggunakan masker,” ujarnya.

Selain itu, jika dalam check point masih ada warga yang tak menggunakan masker, petugas kesehatan yang berada di pos tersebut akan memberikan masker. “Kita juga sudah sediakan, karena memang masker itu utama,” jelasnya.

Yulius berharap hal seperti ini tidak hanya dilakukan dalam perayaan Yadnya Kasada, tapi juga dilakukan setiap kali beraktivitas di luar. “Karena ini menjadi salah satu pemutus rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Sementara itu, dalam Yadnya Kasada, suku tengger di kawasan Gunung Bromo tumpek blek di kawasan laut pasir. Mereka melaksanakan ritual Kasada, termasuk membawa hasil panen untuk dilarung ke kawah Gunung Bromo. (rul/iwy)


Bagikan Artikel