Sosbudpar

Meriahnya Festival Musik Religi dan Hadrah On The Street

KRAKSAAN – Malam pergantian tahun baru 2019 di Kabupaten Probolinggo dirayakan dengan nuansa religius. Pasalnya, Pemkab Probolinggo melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) menyelenggarakan Festival Musik Religi dan Hadrah On The Street kali ketiga dalam 3 tahun terakhir, Senin (31/12) malam.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H Hasan Aminuddin M.Si. Politisi Partai NasDem ini melepas iring-iringan 72 grup hadrah Al-Banjari dari berbagai penjuru Kabupaten Probolinggo, sekitar pukul 20.00. Sebanyak 1.080 santri tergabung dalam rombongan hadrah tersebut. Mereka dilepas dari garis start di depan SMAN 1 Kraksaan menuju Alun-Alun Kota Kraksaan sebagai garis finishnya.

Rute berjarak sekitar 5 kilometer itu ditempuh para peserta sembari menabuh segala peralatan musik hadrah. Penampilan mereka menjadi tontonan warga dan pengguna jalan yang berada di sepanjang rute yang mereka lewati.

Pembuka dua kegiatan ini adalah orkes musik Suara Hati yang tampil menghibur masyarakat di Alun-Alun Kraksaan. Ada pula penampilan tari Saman. Masyarakat dan penampilan spesial dari grup musik Balasik asal Jember yang membawakan lagu-lagu bernuansa religi.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Probolinggo M. Sidik Widjanarko mengungkapkan, Festival Musik Religi dan Hadrah On The Street merupakan gelaran yang yang secara khusus diadakan untuk mengingatkan masyarakat Kabupaten Probolinggo untuk tetap melestarikan kearifan budaya lokal. Seperti halnya musik Hadrah Al-Banjari.

“Dua kegiatan ini selalu menjadi magnet bagi warga Kabupaten Probolinggo selama 3 tahun terakhir. Acara ini menjadi salah satu pilihan pintar bagi warga untuk menikmati malam pergantian tahunnya,” terang Sidik.

Di akhir acara, tepatnya pada detik-detik pergantian tahun 2018 ke 2019, Anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H Hasan Aminuddin M.Si didampingi jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo menabuh bedug sebagai penanda masuknya tahun 2019. (tm/adv)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan