Sosbudpar

Tol  Probowangi Terdampak Corona, Tahapan Seksi 1 Terpaksa Ditunda


KRAKSAAN – Wabah virus corona (Covid-19) rupanya juga berdampak pada proyek pembangunan Tol Seksi 1 Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi). Tahapan seksi 1 tol yang melibatkan banyak orang,  terpaksa harus ditunda, demi mencegah penyebaran virus corona.

Hal itu disampaikan Priyadi, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Probowangi Seksi 1 pada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), saat dikonfirmasi kemarin (29/3). Katanya, proses tahapan tol seksi 1 kini terpaksa ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Penundaan itu, lanjutnya, sesuai dengan keputusan dan surat edaran (SE) pemerintah, sebagai bentuk antisipasi penyebaran  Covid-19. Sebab, dalam tahapan proyek tol saat ini ada bermacam-macam kegiatan setiap daerah. Yang pasti, tahapan yang masih berlangsung di 7 kecamatan itu membutuhkan pengumpulan massa.

“Ada yang masih tahap sosialisasi, pengumpulan berkas, ada yang tahap pencairan. Karena semua tahapan butuh pengumpulan masa, jadi terpaksa tahapan itu ditunda dulu,” ungkap Priyadi.

Ia belum bisa memastikan hingga kapan penundaan itu dilakukan. Namun, yang pasti, penundaan itu akan terus berlangsung hingga ada pemberitahuan dari pemerintah pusat, bahwa kondisinya sudah stabil. “Kami belum tahu, sampai kapan. Mau bagaimana lagi, kalau ini instruksi dan untuk kebaikam bersama,” jelasnya.

Kata Priyadi, penundaan ini hanya diberlakukan pada tahapan yang melibatkan masyarakat banyak. Sedangkan proses secara administratif masih berlanjut. Berkas yang sudah masuk tetap diproses. Sementara yang belum, akan disusul ketika kondisi mulai stabil.

“Hanya yang melibatkan massa banyak, seperti sosialisasi dan sejenisnya, kami tunda dulu. Tapi secara administrasi, masih tetap berlangsung. Kami tetap bekerja untuk menyelesaikan pemberkasan 7 kecamatan di seksi 1,” terangnya. (yek/iwy)


Bagikan Artikel