Sosbudpar

Libur Akhir Tahun, Tubing Sepi Order

GADING – Pada libur akhir tahun, tak semua obyek wisata di Kabupaten Probolinggo ramai dikunjungi wisatawan. Namun bencana banjir dan longsor yang terjadi di Kecamatan Tiris sepertinya berdampak pada obyek wisata di wilayah selatan. Salah satunya wisata tubing/rafting di Desa Sentul Kecamatan Gading. Saat ini, obyek wisata tersebut sepi order.

Fiqri Ridlo Abdillah, pengurus BUMDes Sentul Adventure mengatakan, momentum liburan akhir tahun 2018 ini wisata tubing/rafting Sentul masih sepi pesanan. Padahal, pada tahun-tahun sebelumnya selalu ramai. “Mungkin karena terjadinya bencana di sejumlah wilayah. Calon pengunjung agak khawatir berwisata alam,” kata Fiqri kepada Koran Pantura, Selasa (25/12).

Menurutnya, pada masa libur akhir tahun-tahun sebelumnya, pihaknya selalu kewalahan melayani banyaknya pengunjung yang datang. Dalam sehari, rata-rata ada 4-5 grup di mana setiap grup terdiri dari 10 orang. Bahkan kala itu, pengelola biasanya berangkat start dari pukul 08.00 dan baru meninggalkan sungai saat petang tiba.

“Malah kalau sudah terlalu banyak pesanan, calon pengunjung kami rekomendasikan ke desa tetangga yang juga mengelola wisata tubing/rafting. Tapi akhir tahun ini masih nihil pesanan,” kata Fiqri.

Pihaknya baru menerima pesanan kunjungan pada awal tahun 2019. Menurutnya, peristiwa bencana alam di Tiris dan beberapa wilayah lain akhir tahun ikut mempengaruhi keputusan calon wisatawan.

“Padahal, wisata Sentul Adventure memiliki 3 jalur. Satu jalur ada yang memiliki pintu air di bagian atas sebagai pengaman jalur. Itu kami lakukan sebagai prioritas keamanan pengunjung,” paparnya. (awi/eem)

Kegiatan wisata tubing di Desa Sentul, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo beberapa waktu lalu. (Dokumen/Koran Pantura)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan