Kategori: Sosbudpar

Wabup Apresiasi KMB 2019, Minta Digelar Lagi Tahun Depan

KRAKSAAN – Ajang pencarian bakat Kraksaan Mencari Bakat (KMB) telah resmi usai pada Minggu (29/12) malam. Wakil Bupati Probolinggo H.A Timbul Prihanjoko pun meminta kegiatan serupa diadakan kembali tahun depan oleh Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo (Dekapro).

“Acara ini banyak manfaatnya, dan ternyata banyak talenta muda yang penampilannya luar biasa. Tahun depan harus diadakan lagi dan lebih meriah,” ungkap Wabup Timbul, Senin (30/12) kemarin.

Dijelaskannya, melalui kegiatan positif semacam inilah kearifan budaya lokal dapat dilihat, apakah turun dari generasi sebelumnya kepada generasi muda saat ini. Jika memang benar demikian, maka budaya lokal di Kabupaten Probolinggo dapat dikatakan masih lestari.

Artikel Terkait

“Kalau melihat 24 penampil itu, ada yang murni tarian lokal, ada yang campuran dengan kesenian daerah lain, ada pula yang modern. Ternyata generasi penerus kita luar biasa talentanya dalam bidang kesenian,” ujarnya.

Namun yang paling penting menurutnya adalah menjaga pembinaan bagi para talenta muda ini, agar mendapat ruang dan kesempatan yang lebih untuk tampil. “Saya minta para penampil ini dihadirkan di setiap kegiatan Pemkab, utamanya ketika ada tamu dari luar daerah. Biar mereka lihat budaya kita,” tegasnya.

Sementara itu Wakil Ketua Dekapro Dian Cahyo mengaku sangat mengapresiasi pernyataan dari Wabup Timbul. Menurutnya, gelaran KMB 2019 yang baru pertama kali digelar ini masih banyak kekurangan dan hal yang perlu diperbaiki. “Yang terpenting kami awali dulu. Setelah itu pembinaan akan berjalan dan berproses, sehingga KMB tahun depan akan lebih meriah lagi,” harapnya. (tm/awi)

Artikel Terbaru

Divonis Korupsi 9 Tahun Lalu, Kades Curah Temu Akhirnya Dieksekusi

KRAKSAAN – Setelah sempat mengambang beberapa tahun, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo akhirnya mengeksekusi vonis…

20 Januari 2021

Tambak Disewakan Ketua RT, Warga Wadul Dewan

PROBOLINGGO - Gedung DPRD Kota Probolinggo didatangi warga, Rabu (20/1) sekitar pukul 10.00. Mereka mengaku…

20 Januari 2021

Demi Keamanan, Sediakan Jasa Jukir di Alun-Alun

KRAKSAAN – Sepanjang tahun 2020 lalu, aksi pencurian sepeda motor kerap terjadi di alun-alun Kota…

20 Januari 2021

Gelapkan Dana KUR Rp 1 Miliar, Karyawan BRI Jadi Tersangka

KRAKSAAN - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo menetapkan Moh. Helmi dan Yusuf Afandi sebagai tersangka…

19 Januari 2021

Setahun, Tangani 35 Kasus Seksualitas

PROBOLINGGO - Kasus kekerasan seksual yang menimpa anak-anak di Kabupaten Probolinggo masih patut jadi keprihatinan.…

19 Januari 2021

Pilkades Telan Rp 4,6 M, Panitia Diimbau Tak Pungut Sumbangan Cakades

PROBOLINGGO – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 62 desa di Kabupaten Probolinggo akan digelar…

19 Januari 2021