Sosbudpar

Jelang HUT RI, Penjual Bendera Bermunculan di Jalur Pantura


KRAKSAAN – Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-74, di pinggiran jalan Kota Kraksaan sudah mudah dijumpai orang yang berjualan bendera merah putih.

Firman, salah seorang pedagang bendera merah putih di jalur Pantura di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan mengaku dirinya sudah sejak 3 hari yang lalu mulai berjualan di lokasi tersebut.

“Dari Minggu (14/7) lalu saya baru datang ke sini dan langsung buka di tempat ini,” kata pedagang asal Kabupaten Garut, Jawa Barat tersebut, Selasa (17/7).

Ia mengaku rela menempuh perjalanan jauh untuk menjual bendera tersebut karena pada momentum mendekati bulan Agustus, sudah banyak masyarakat yang mulai mencari bendera negara tesebut untuk dikibarkan pada HUT Kemerdekaan nantinya.

Selain dari itu, berjualan bendera merah putih juga merupakan suatu kebanggan baginya, karena menurutnya dengan menyebarkan bendera merah putih, ia merasa sedikit berbuat untuk menanamkan rasa nasionalisme.

“Kalau sekarang hasilnya masih belum terlalu banyak, tapi cukuplah untuk makan. Kalau ramainya pembeli masih nanti tanggal 1-2 Agustus. Pokoknya bulan Agustus nanti akan banyak yang orang yang membeli,” katanya.

Ia mengakui bahwa sebagian besar peminat bendera tersebut merupakan orang-orang kantoran, sedang untuk perorangan masih jarang yang membelinya.

“Sekarang yang beli masih orang kantoran, seperti dari Dinas dan sekolahan. Kalau perorangan mungkin nanti setelah Agustus,” ungkapnya.

Ia pun mengaku tidak sendirian berangkat dari Garut untuk berjualan di Kota Kraksaan, saat ini ia mengaku masih berdua dengan temannya, dan beberapa hari ke depan akan ada juga temannya sesama penjual bendera yang akan datang dari Garut juga.

“Saya berdua dengan teman, itu jualannya (sambil menunjuk ke tempat berjualan temannya, red). Insyaallah tanggal 22 (Juli, red) nanti teman-teman saya sudah mulai datang dari Garut juga,” katanya. (ay/ra)

 


Bagikan Artikel