Sosbudpar

Baznas Probolinggo Bagikan Zakat Pada 6.385 Orang

KRAKSAAN – Di bulan suci Ramadan 1440 Hijriah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo membagikan 19 ton beras kepada sebanyak 6.385 warga yang tersebar di 24 kecamatan. Beras-beras tersebut merupakan sakat fitrah yang dikumpulkan dari para ASN (Aparatur Sipil Negara) di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Kepala Baznas Kabupaten Probolinggo H.A. Muzammil mengatakan, mengeluarkan zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap muslim di bulan Ramadan. Pada tahun ini, pihaknya telah membagikan sekitar 19 ton zakat fitri yang dikumpulkan dari zakat para ASN setempat. “Ada sekitar 6.385 orang yang mendapat zakat dari kami,” ujarnya, Senin (27/5).

Nama-nama penerima zakat fitrah itu sudah tercatat dalam database Baznas. Database itu menjadi dasar bagi Baznas untuk menyalurkan zakat fitrah setiap tahunnya. Muzammil menyatakan bahwa sangat mungkin jumlah penerima zakat akan bertambah seiring berjalannya waktu. “Untuk sementara, itu jumlah orang yang menerima,” terang warga Desa Sumberkembar, Kecamatan Pakuniran ini.

Adapun zakat fitrah tersebut dikumpulkan sejak awal bulan Ramadan. Pihaknya mengumpulkan zakat para ASN di lingkungan pemerintah kabupaten setempat. Meski sudah disalurkan, namun masih ada beberapa yang belum menyerahkan zakatnya kepada Baznas. “Kami menunggu yang belum mengeluarkan zakatnya hingga hari Rabu mendatang,” ungkapnya.

Dalam pendistribusian zakat, pihaknya bekerjasama dengan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) di setiap daerah. Tujuannya agar pembagian zakat fitrah pada warga yang membutuhkan, terlaksana secara merata. “Itu dibagikan secara merata pada 24 kecamatan,” terang Muzammil. (yek/eem/adv)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan