Sosbudpar

Hindu Tengger Gelar Bhakti Dharma

SUMBER – Ratusan umat Hindu Tengger Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo menggelar bhakti dharma di balai desa setempat, Senin (6/5). Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian untuk mempererat tali persaudaraan antar umat. Sebab yang hadir bukan hanya umat Hindu Tengger. Tapi juga umat Islam yang berada di desa tersebut.

Dalam kegiatan ini hampir seluruh warga Wonokerso memadati areal balai desa setempat, sebelum pelaksanaan tersebut, tarian khas Suku Tengger ikut ditampilkan, yakni Tari Baleganjur.

Salah satu warga, Sudir Supriyadi mengungkapkan kegiatan ini memang rutin dilaksanakan setiap tahun sekali. Tepatnya setelah perayaan Nyepi. “Ini kalau istilah orang Islam seperti acara halal  bi halal. Makanya yang hadir ada yang muslim,” katanya.

Toleransi umat beragama di desa ini memang patut dicontoh. Meski berbeda keyakinan, namun mereka masih bisa saling menghormati. “Kalau saat lebaran, nanti yang Hindu juga silaturahim ke rumah muslim. Begitu sebaliknya. Sehingga kerukunan warga sampai saat ini masih terjaga,” terangnya.

Sudir berharap, hal seperti ini akan terus terjaga sampai tahun-tahun mendatang. “Apalagi sekarang namanya saling hujat di medsos sangat parah. Tapi khusus di desa kami sampai detik ini toleransi beragama saling menghormati. Jadi, orang luar perlu belajar banyak ke sini,” ungkapnya. (rul/ra)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan