Sosbudpar

Hasan Aminuddin Lepas Rombongan Ziarah Wali Lima


PROBOLINGGO – Sekitar 250 warga Nahdlatul Ulama asal Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo mengikuti kegiatan ziarah Wali Lima. Keberangkatan mereka dilepas oleh Anggota Komisi VIII DPR RI H. Hasan Aminuddin, Jumat (29/3) petang di pendopo Kabupaten Probolinggo.

Rombongan berangkat menggunakan sebanyak 5 unit bus pariwisata. “Ziarah ke makam para wali itu ibadah. Tapi jangan lupa, lakukan ziarah ke makam wali itu setelah kita berziarah ke makam orang tua kita terlebih dahulu,” ujar Hasan Aminuddin ketika memberikan sambutan di hadapan ratusan peziarah tersebut, Jumat.

Hasan mengaku sejak kecil dia diajarkan untuk selalu berziarah ke makam oleh kedua orang tuanya. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan sekaligus pendalaman karakter keislaman yang telah diajarkan oleh para Wali.

“Jadi, jangan disalah-artikan jika ziarah ke makam itu adalah perbuatan syirik, tapi ini bukti keteladanan kita sebagai umat Islam kepada para wali penyebar agama Islam di tanaha jawa ini,” sebutnya.

Ketua rombongan ziarah Abdul Azis menyampaikan, makam pertama yang akan diziarahi adalah makam KH Abdul Hamid Pasuruan, Sunan Ampel, Sunan Maulana Malik Ibrahim, Sunan Drajat serta Sunan Giri.

“Kegiatan ziarah bersama ini merupakan sesuatu yang lumrah. Warga Kabupaten Probolinggo selalu mengamalkan dan mengingat ajaran dari para wali. Ini cara kami memuliakan mereka,” ungkap Azis. (tm/eem)


Bagikan Artikel