Sosbudpar

Para personil band Dangdut Cowboys tampil menghibur hadirin dengan menyanyikan lagu Bujangan karya Rhoma Irama. (Rahmat/Koran Pantura)

Zulmi Pimpin Dewan Kesenian

KRAKSAAN – Pengurus Dewan Kesenian Kabupaten  Probolinggo periode 2019-2022 yang dipimpin oleh H. Zulmi Noor Hasani, resmi dikukuhkan pada Senin (11/3) malam. Acara pengukuhan digelar dalam kegiatan Celebrating Diversity, Partnership, and Prosperity Indonesia-USA 70th, kemarin (11/3).

Acara di Gedung Islamic Center Kota Kraksaan itu dihadiri Anggota Komisi VIII DPR RI H. Hasan Aminuddin dan Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko. Dalam acara itu, ada kolaborasi pertukaran budaya yang difasilitasi HIPMI Kabupaten Probolinggo dan Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo.

Pengukuhan terhadap Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo dilakukan oleh Pembina Dewan Kesenian sekaligus Wabup Probolinggo HA Timbul Prihanjoko. Dalam amanatnya, Wabup Timbul berpesan pada pengurus baru.

“Saya mendengar banyak aspirasi bahwa mereka para pelaku seni ingin mengekspresikan diri dan karyanya.  Maka saya senang dan optimis pengurus baru ini mampu memfasilitasi itu semua,” ujar Timbul.

Hal itu menurutnya, adalah harapan bersama, khususnya dalam memajukan kesenian. “Ini juga berkaitan urbanisasi. Jika seni diwadahi, para pemuda akan mengurungkan niat untuk pindah ke luar kota. Setelah ini dan besok, saya yakin sudah akan semakin ramai kegiatan pemuda dan masyarakat mengekspresikan seni,” ungkapnya.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo H. Zulmi Noor Hasani menyatakan kesiapannya mengemban tugas. “Kami awali dengan menelaah dan mencari identitas kesenian dan budaya Kabupaten Probolinggo. Selanjutnya dibuat dalam pokok-pokok pikiran kesenian Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Zulmi juga akan mengakomodir ekspresi seni seluruh seniman, dan berusaha memajukan kesenian setempat. Sebagai awal, Dewan Kesenian bersama HIPMI Kabupaten Probolinggo mengadakan kolaborasi seni dan pertukaran budaya dengan seniman Amerika Serikat (AS). Kolaborasi yakni bersama Dangdut Cowboys USA yang dipimpin Andrew N Weintraub.

Dalam kesempatan wawancara, Andrew selaku vokalis, bersama personel lainnya. Yakni Meghan Hynson sebagai vokalis, serta Stephen Schultz, Samuel Boateng, dan John Bagnato.

“Kami diberi kesempatan oleh Konsulat Jenderal AS di Surabaya untuk berkolaborasi pertukaran budaya di Kabupaten Probolinggo. Kami akan menyanyikan lagu dangdut dan juga country bersama Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo,” ujar kata pria yang fasih bahasa Indonesia itu.

Bandnya membawakan lagu Rhoma Irama dan lagu ternama. Seperti Terajana, Mandi Madu, Cinta Sampai Di Sini, Bujangan, Kegagalan Cinta, dan Jera.

Ketua HIPMI Kabupaten Probolinggo Intan C Wahid berharap kerjasama kolaborasi bisa berlanjut di tahun berikutnya. “Kami bersama Dewan Kesenian berharap pertukaran budaya ini dilakukan secara berkelanjutan,” terangnya.

Hal senada diungkapkan Esti Durasanti sebagai Section Head Public Affairs perwakilan Konsulat Jemdar Amerika di Surabaya. “Kami berterima kasih atas keramahan pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam menyambut peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Amerika Serikat,” paparnya. (ra/eem)

H. Zulmi Noor Hasani (paling kiri) dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo oleh Wabup Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko. (Rahmat/Koran Pantura)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan