Kategori: Sosbudpar

Hasan Aminuddin Imbau Warga Perbanyak Sujud dan Sedekah

TIRIS – Anggota Komisi VIII DPR RI H. Hasan Aminuddin makin gencar mengajak umat Islam untuk terus meningkatkan kualitas ibadahnya. Khususnya selama Rajab 1440 hijriah tahun ini. Hasan mengungkapkan, ibadah pada Rajab perlu dilakukan sebagai ‘pemanasan’ jelang Ramadan. Ia mengimbau warga sesering mungkin bersujud dan bersedekah.

Hal ini diungkapkan Hasan dalam Safari Rajabiyah di Kecamatan Tiris, Senin (11/3) di lapangan kecamatan Tiris. Ia memberikan sambutan di hadapan ratusan warga setempat. “Rajab dan Sya’ban itu adalah bulan ‘pemanasan’ sebelum memasuki bulan puasa Ramadan. Ini harus dimanfaatkan dengan peningkatan ibadah,” ujar suami dari Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari ini.

Ia mengibaratkan sebuah kendaraan yang harus dipanasi dulu agar performanya maksimal ketika sudah berjalan. “Kalau gak dipanasi, nanti jalannya gak maksimal. Ibadah juga begitu. Jadi, mari di bulan Rajab ini kita perbanyak ibadah. Perbanyak sujud dan sedekah,” imbau politisi Partai NasDem ini.

Soal sedekah, ia berharap agar masyarakat tidak ragu menyedekahkan harta yang sifatnya sementara di dunia. Pasalnya, harta yang sesungguhnya adalah yang disedekahkan di jalan Allah SWT.

Artikel Terkait

“Jangan perhitungan kalau sedekah. Ilmu sedekah itu bukan kayak kalkulator dan matematika, 2 dikurangi 1 sama dengan 1, bukan begitu. Dalam sedekah, 2 dikurangi 1 bisa jadi 700. Itu sudah dijanjikan oleh Allah,” tutur pengasuh Pondok Pesantren HATI ini.

Mantan Bupati Probolinggo 2 periode ini juga mengkutip sebuah kisah. Ia menerangkan, ada seorang pedagang kerupuk yang didatangi oleh pembeli. Ketika pembeli datang, ia disuruh memilih barangnya sendiri, menaruh uangnya, dan mengambil kembalian di sebuah tempat yang disediakan. “Pedagang itu buta. Pembeli lalu tanya kok gak khawatir pedagang itu nanti ditipu orang kalau jualan dengan cara gitu,” kata Hasan.

Si pedagang pun menyampaikan jawaban sembari menasehati si pembeli. Menurutnya, dia berdagang bukan hanya untuk mencari keuntungan, tapi juga untuk melatih keikhlasan.

“Jadi, keikhlasan itu perlu. Sedekah walaupun sedikit itu bisa menumbuhkan rasa ikhlas. Kalau dimulai dari sekarang, Insya Allah saat Ramadan nanti kita bisa lebih siap dan maksimal dalam beribadah,” tegas Hasan. (awi/eem)

Artikel Terbaru

Divonis Korupsi 9 Tahun Lalu, Kades Curah Temu Akhirnya Dieksekusi

KRAKSAAN – Setelah sempat mengambang beberapa tahun, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo akhirnya mengeksekusi vonis…

20 Januari 2021

Tambak Disewakan Ketua RT, Warga Wadul Dewan

PROBOLINGGO - Gedung DPRD Kota Probolinggo didatangi warga, Rabu (20/1) sekitar pukul 10.00. Mereka mengaku…

20 Januari 2021

Demi Keamanan, Sediakan Jasa Jukir di Alun-Alun

KRAKSAAN – Sepanjang tahun 2020 lalu, aksi pencurian sepeda motor kerap terjadi di alun-alun Kota…

20 Januari 2021

Gelapkan Dana KUR Rp 1 Miliar, Karyawan BRI Jadi Tersangka

KRAKSAAN - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo menetapkan Moh. Helmi dan Yusuf Afandi sebagai tersangka…

19 Januari 2021

Setahun, Tangani 35 Kasus Seksualitas

PROBOLINGGO - Kasus kekerasan seksual yang menimpa anak-anak di Kabupaten Probolinggo masih patut jadi keprihatinan.…

19 Januari 2021

Pilkades Telan Rp 4,6 M, Panitia Diimbau Tak Pungut Sumbangan Cakades

PROBOLINGGO – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 62 desa di Kabupaten Probolinggo akan digelar…

19 Januari 2021