Sosbudpar

Umat Hindu Tengger Bersiap Rayakan Nyepi

SUMBER – Hari raya Nyepi sudah cukup dekat. Umat Hindu Tengger sudah mulai menyiapkan berbagai hal. Sejumlah perlombaan mulai digelar. Di Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo misalnya. Warga setempat mengadakan lomba sarasehan yang diikuti para ibu rumah tangga. Ada juga lomba melukis untuk anak-anak Tengger.

“Kegiatan-kegiatan ini sengaja kami gelar untuk menyambut hari raya Nyepi tahun saka 1941 pada tahun masehi 2019 ini,” ujar Ketua WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia) Desa Wonokerso Nestuni Puji.

Ibu dari 2 anak ini mengatakan, lomba sarasehan mencakup kidung atau pujian suci, sembahyang, dan Dharma Wacana. “Lomba ini kami gelar untuk mempertahankan nilai religius di kalangan umat Hindu Tengger. Harapan kami, ada nilai manfaat yang didapat oleh masyarakat dan generasi penerus,” katanya.

Persiapan Nyepi juga dilakukan oleh kaum adam. Mereka membuat Ogoh-Ogoh untuk perayaan pada hari raya Nyepi. Hampir setiap RT membuat Ogoh-Ogoh yang akan diarak keliling desa dan akan finish di Desa Sumber Anom yang dijadikan sebagai pusat lokasi perayaan hari raya Nyepi tahun ini.

“Sudah banyak yang buat, Mas. Persiapannya sudah ada yang mencapai 90 persen,” ungkap Nestuni Puji. (rul/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan