Sosbudpar

Genjot Wisata Pulau Love

GENDING – Sebagai salah satu objek wisata yang dikelola Pemkab probolinggo, Pantai Bentar terus dibenahi dan ditambah fasilitas penunjangnya. Termasuk penambahan spot wisata berupa Pulau Love (Cinta). Terletak beberapa kilometer di sisi utara pantai yang masuk Desa Curahsawo Kecamatan Gending.

Ada pembangunan dermaga di kedua sisi, baik di Pantai Bentar maupun di Pulau Love. Anggaran senilai sekitar Rp 380 juta digelontorkan untuk pembangunan dermaga di Pulau Love yang menawarkan wisata mangroves. Digadang mirip wisata hutan perairan Amazon Brasil.

“Konsepnya mirip wisata hutan perairan di hutan Amazon, tapi ini versi hutan bakaunya. Jadi di sana ada perahu yang siap mengajak para wisatawan, untuk berkeliling di dalam hutan mangrove. Jenis perahu khusus yang telah disediakan,” papar Kasi destinasi wisata pada Disporaparbud Musa, Selasa (19/2).

Terkait pengelolaan Pulau Love, dijelaskan Musa, objek wisata tersebut sebenarnya sudah ditawarkan pada pemerintah Desa Curahsawo Kecamatan Gending untuk turut mengelolanya. Namun masih butuh waktu untuk mengembangkan konsep kerja sama itu.

Musa menilai, butuh cukup banyak sumber daya manusia (SDM) yang perlu dilibatkan didalamnya. “Jadi kami ingin warga desa setempat juga ikut terlibat di dalam pengembangan wisata tersebut. Misalnya dengan membuka tempat kuliner sederhana di pulau itu,” sebutnya.

Akan tetapi hal tersebut sepertinya belum mendapatkan respon yang cukup baik. Karena kondisi pulau Love yang hanya berukuran beberapa kilometer itu masih dalam kondisi sepi.

Diperlukan adanya stimulan seperti infrastruktur pemicu agar para penduduk Desa Curahsawo tertarik untuk mengembangkan bersama Disporaparbud. “Butuh waktu dan bertahap akan kami lengkapi infrastrukturnya di sana. Diawali dengan dermaga terlebih dahulu. Baru nanti lainnya menyusul,” tandasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan