Sosbudpar

Rp 73,6 Juta untuk Miniatur Ka’bah

PROBOLINGGO – Objek wisata miniatur Ka’bah di desa Curahsawo Kecamatan Gending memang hanya ramai pada saat musim haji dan umrah saja. Namun demikian, biaya perawatan objek wisata religi ini dalam setahun hanya dianggarkan Rp 73,6 juta.

Hal tersebut diungkapkan Kasi Destinasi Wisata pada Disporapabud Kabupaten Probolinggo Musa. Ia menyebut anggaran perawatan objek wisata miniatur Ka’bah itu berasal dari alokasi APBD kabupaten Probolinggo tahun 2019. “Nilainya sekitar Rp 73,6 juta, dipergunakan untuk perbaikan dan perawatan fasilitas yang ada di objek wisata itu,” ungkapnya, Senin (18/2).

Perbaikan dan perawatan yang dilakukan meliputi pengecatan dan perbaikan sejumlah fasilitas. Meliputi toilet, musholla, bangunan miniatur dan termasuk di dalamnya untuk biaya kebersihan. “Sudah include semuanya dalam anggaran itu,” kata pria asal desa Ngepung kecamatan Sukapura ini.

Saat disinggung terkait penambahan fasilitas dan infrastruktur di sekitar miniatur Ka’bah, ia menyebut untuk tahun 2019 ini belum ada rencana penambahan fasilitas ataupun bangunan penunjang lainnya.

“Belum ada. Yang ada saja yang kita maksimalkan dan rawat sebaiknya. Toh, biaya perawatan ini sebenarnya sudah naik dibanding tahun sebelumnya yang hanya berkisar sekitar Rp 50 juta,” tandasnya. (tm/awi)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan